NUṢŪṢ: Digitalisasi Teks Arab yang Susah Dicari

AHMADBINHANBAL.COM – Saat ini teks digital dalam bahasa Arab semakin tersedia dan menjadi lebih mudah diakses. Meski demikian, ada beberapa disiplin ilmu yang belum memiliki porsi yang maksimal, khususnya bidang ilmu tasawuf, teologi baik itu Muslim dan Kristen, dan filsafat.

Timbul dari keresahan di atas, Mahasiswa Doktoral Islamic Studies di New York University, Antonio Musto, berusaha menutupi kekosongan ini dengan membuat data base berisi lebih banyak teks dari disiplin tasawuf di Internet untuk digunakan para peneliti.

Awalnya proyek ini dimulai dengan fokus dan eksklusif pada tasawuf, Nuṣūṣ kemudian diperluas untuk memasukkan karya-karya dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan berbahasa Arab yang kompleks yang dihasilkan oleh Muslim dan Kristen.

Saat ini Nusus berisi 61 naskah dan akan terus ditambah. Nuṣūṣ menyediakan informasi bibliografi untuk edisi modern dari mana digitalisasi ini berasal. Ini merupakan langkah yang bertanggung jawab, karena berguna bagi para peneliti untuk membandingkan teks saat ini dengan teks aslinya.

NUṢŪṢ: Web Database Kitab-kitab Sufi Klasik
Menu Browse Corpus

Ini adalah halaman Browse Corpus, peneliti dapat menggunakannya untuk melakukan analisa komputasi. Fitur “Browse Corpus” memberi para peneliti gambaran akurat tentang item spesifik mana yang disertakan. Jika seseorang mencari penulis atau teks tertentu, akan muncul daftar teks yang dicari.

Berisi juga juga metadata penting, seperti asal gambar digital (Proses OCR Nuṣūṣ sendiri atau repositori proyek OpenITI), ID teks korpus internal, tanggal, disiplin, genre penulisan, judul, dan penulis. Nama penulis tersambung ke biografi dari Encyclopaedia of Islam, dan judul bertaut ke catatan WorldCat untuk edisi modern yang digunakan dalam digitalisasi teks.

NUṢŪṢ

Selanjutnya, tim Nuṣūṣ telah menyediakan alat pencarian lintas-korpus. Peneliti dapat membangun pencarian menggunakan bidang yang tersedia dan operator Boolean (AND, OR), dan dapat menentukan apakah mereka mencari istilah yang tepat.

Memungkinkan juga untuk membatasi pencarian ke judul, penulis, atau genre tertentu. Pengaturan ini mendorong para peneliti untuk membandingkan seluruh karya sarjana, di seluruh genre tulisan (teologi Muslim, filsafat, tasawuf, atau teologi Kristen), atau di satu teks.

Para peneliti juga dapat menggunakan alat ini untuk membangun pencarian seluruh jaringan sarjana yang dikenal. Ketika korpus berkembang, kemampuan untuk melakukan pencarian dan mengumpulkan data yang dihasilkan akan menjadi semakin efektif dan berguna.

Di bawah ini saya coba mencari kitab dengan masuk ke fitur Title/ judul, dan masukkan kata عقل di bawah search dan muncul beberapa nama kitab. Kitab yang saya cari ketemu yaitu مائية العقل dari Al-Muhasibi.

Untuk melakukan pencarian teks di kitab korpusnya, centang kitab yang ingin Anda cari lalu ketik teksnya di kolom sebelah kiri.

Nusus

Saya coba tulis kata عقل untuk pencarian di kitab dan hasilnya seperti berikut. Tulisan berwarna merah menunjukkan hasil pencarian.

Nusus

Klik nomor halaman (Pg) untuk membaca teks.


Referensi:

Dale J. Correa, PhD, MS/LIS, READ, HOT AND DIGITIZED: NUṢŪṢ — A CORPUS OF NEGLECTED TEXTS, texlibris.lib.utexas.edu. link: https://texlibris.lib.utexas.edu/2023/03/read-hot-and-digitized-nu%E1%B9%A3u%E1%B9%A3-a-corpus-of-neglected-texts/, (diakses 02 Desember 2023)

Jumal Ahmad, NUṢŪṢ: Web Database Kitab-kitab Sufi Klasik, ahmadbinhanbal.com, link: https://ahmadbinhanbal.com/nusus-web-database-kitab-kitab-sufi-klasik/ (diakses 02 Desember 2023)

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID