Cara Mengecek Status Hadis Menggunakan Dorar.net

AHMADBINHANBAL.COM – Sebagai orang awam, kita tidak melakukan penelitian terhadap otensitas suatu hadis. Penelitian tersebut dilakukan oleh para ulama hadis. Kita merujuk kepada kitab-kitab hadis yang ditulis oleh para ulama seperti Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan Nasa’i.

Di zaman teknologi saat ini, kita pun bisa mengetahui otensitas hadis secara online menggunakan aplikasi website, salah satunya adalah melalui situs dorar.net, namun syaratnya harus menguasai bahasa Arab.

Dorat.net adalah sebuah website islami yang memiliki koleksi hadis sangat banyak, dikenal juga dengan nama Ad Durarus Saniyyah, diketuai oleh Asy Syaikh Alwi bin Abdul Qadir Assegaf Hafizhahullah. Dalam situs juga terdapat  banyak sekali tulisan-tulisan yang bermanfaat sejalan dengan ahlussunnah wal jama’ah mulai dari ensiklopedia sejarah, etika, fiqh, agma, dan hadis.

Sesuatu yang menarik dalam situs ini adalah adanya fitur untuk mengecek status sebuah hadis apakah itu shahih, hasan, atau dha’if menurut ulama hadis dalam kitab mereka. Tentu saja fitur ini sangat membantu bagi kita yang ingin mengecek status hadis tetapi tidak memiliki kitab-kitab hadisnya dan juga dengan waktu yang singkat.  Namun, untuk menggunakan fitur ini kita juga masih membutuhkan ilmu dasar dalam belajar hadis, yaitu kemampuan bahasa arab, dan teks hadis yang ingin di cek.

Review sederhana dari Dorar.net bisa Anda lihat di video berikut.

Cara Mengecek Status Hadis Menggunakan DORAR.NET

Berikut ini cara mengecek sebuah hadis. Misalnya kita mengecek hadis tentang tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah.  Bahan kata yang kita miliki hanya الصائم dan  عبادة.

  1. Masuk ke situs https://dorar.net/

  2. Pilih kolom الموسوعة الحديثية

    Pada tahap ini anda akan melihat kolom بحث سريع في الموسوعة الحديثية .kita bisa langsung memasukkan potongan hadisnya di kolom ini, namun disarankan untuk memilih tulisan dibawahnya yaitu بحث متقدم . disini kita akan mendapatkan penjelasan hadis yang lebih rinci.

  3. Tuliskan potongan hadisnya di kolom yang sudah disediakan.

    Aplikasi tersebut akan mencari hadis yang didalamnya terdapat dua kalimat tersebut, baik dua kata itu bersamaan atau tidak.

    Huruf Warna Hijau: Menyatakan jumlah hadis yang didapat.
    Huruf Warna Biru: Menyatakan pengelompokkan hadits yang ditemukan berdasarkan kitab hadis yang mencatumkannya atau nama ulama yang mengomentarinya.
    Huruf Warna Merah: Penjelasan yang kita cari, yang tulisannya tebal adalah matan hadisnya.tidurnya orang yang puasa ibadah

Sedikit catatan dalam menggunakan fitur ini. Bahwasannya fitur ini hanyalah alat bantu dalam mencari data ilmiah untuk kepentingan penulisan ilmiah misalnya. Akan lebih baik jika setelah itu kita melihat ke kitab hadisnya langsung. Tentu saja akan lebih mudah karena kita telah mengetahui nomor hadis dan halamannya. Bagi orang yang awam dalam ilmu hadis juga tetap harus dalam bimbingan ustadznya karena disini banyak istilah-istilah dalam ilmu hadis.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *