Kenapa Tidak ada Laporan di Google Search Console Insight saya sejak Maret 2023?

Google Search Console merupakan alat bermanfaat yang memberikan wawasan berharga untuk membantu mengoptimalkan situs web. Saya sudah lama menggunakan ini untuk mengetahui artikel ahmadbinhanbal.com mana yang paling populer dan sejauhmana performa artikel terbaru. Selain itu ada juga laporan kueri atau keyword yang paling banyak digunakan di google penelusuran.

Namun sejak bulan Maret 2023 saya mengalami masalah yaitu GSCI saya tidak lagi menampilkan laporan sampai saat ini. Saya sudah dua kali lapor ke Google tetapi belum ada balasan tentang masalah ini. Sebelum menulis ini saya sudah lapor sekali lagi ke Google, semoga ada jawaban masalah ini.

Tangkapan layar di bawah ini menunjukkan terakhir laporan di bulan Maret 2023.

Google search console insight ahmadbinhanbal.com 1

Google search console insight ahmadbinhanbal.com 2

Search Console Insights (SCI) Terbaru

Google Search Console (GSC) dan Search Console Insights (SCI) keduanya adalah alat dari Google yang dapat membantu Anda memahami seberapa baik kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian. Namun, keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan menyediakan jenis data yang berbeda.

GSC adalah alat yang lebih komprehensif yang menyediakan data tentang berbagai aspek kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian, sedangkan SCI adalah sub-product yang memberikan pandangan lebih spesifik tentang kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian, seperti halaman dengan performa terbaik dan bagaimana orang menemukan situs Anda.

Melalui akun Twitter, Google mengumumkan pembaruan laporan search console insight. Search Console Insights, alat canggih yang disediakan oleh Google, memiliki update signifikan pada properti yang tidak terkait dengan Google Analytics. 

Pada gambar yang saya upload di atas, saya sudah menggunakan Search Console Insight terbaru yang sering saya gunakan untuk mengetahui kinerja konten baru dan data tentang konten paling populer di situs web mereka pada Google Search.

Namun seperti yang terlihat di atas, laporan tidak nampak sampai sekarang.

Di balik layar Google Search Console Insights

Artikel ini saya ambil dari Pusat Google Penelusuran. Link

Senin, 9 Agustus 2021

Search Console Insights adalah pengalaman yang menyediakan serta menyesuaikan data Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA) bagi pembuat konten dan pemilik situs. Setelah pengumuman bulan lalu, kami menerima pertanyaan dan masukan yang bagus dari komunitas tentang data ini.

Dalam postingan ini, kami menjawab beberapa pertanyaan tersebut dan memperjelas beberapa poin. Misalnya, jika Anda mencoba membandingkan data yang terlihat di GSC Insights dengan data yang ada di GA, Anda mungkin menemukan beberapa perbedaan – apa alasannya?

Pertanyaan umum (FAQ) terkait Google Search Console Insights

Mengapa saya tidak dapat melihat data Google Analytics di Search Console Insights?

Jika GA dikaitkan ke Search Console dengan benar, Anda akan dapat mengakses lebih banyak insight untuk membantu Anda memahami performa konten. Jika tidak membuat pengaitan ini, Anda hanya akan memiliki akses ke kartu Google Penelusuran.

Ada beberapa alasan mengapa data GA Anda mungkin tidak muncul di GSC Insights:

  1. Properti GSC Anda tidak dikaitkan dengan properti GA: kunjungi pusat bantuan untuk mempelajari cara membuat pengaitan. Khususnya, jika Anda memiliki properti terpisah untuk traffic HTTP dan HTTPS di GSC, pastikan untuk mengaitkan properti yang menerima traffic paling banyak atau pertimbangkan untuk memverifikasi properti domain agar menyertakan semua traffic di satu tempat. Perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat menautkan properti Google Analytics 4 untuk saat ini, tetapi kami sedang berupaya mengatasinya.
  2. Anda tidak memiliki izin yang memadai di GA: jika properti GSC dikaitkan dengan properti GA dan Anda masih tidak dapat melihat datanya, periksa apakah Anda memiliki izin Baca dan Analisis atas properti GA terkait.
  3. Anda salah memilih tampilan GA di GSC: GSC Insights menempatkan data GA untuk tampilan GA tertentu di bagian properti terkait. Jika Anda tidak memiliki tampilan di properti, kami tidak akan dapat mengisi data. Anda dapat melihat atau mengubah tampilan yang dipilih di Halaman pengaitan Search Console.

Mengapa data yang saya lihat di Google Analytics berbeda dengan di Search Console Insights?

Pertama, perlu dipahami bahwa data GA dan GSC berbeda dalam banyak hal, seperti yang dijelaskan dalam artikel pusat bantuan ini. Data tersebut berbeda menurut definisi, karena yang satu mewakili aktivitas yang terjadi di Google Penelusuran, sedangkan yang satunya mewakili perilaku pengguna di situs Anda. Selain itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan secara khusus:

  • Judul dan URL halaman: laporan lainnya di GSC didasarkan pada URL, sedangkan GSC Insights menggunakan dimensi judul halaman GA. Untuk setiap judul halaman, kemungkinan ada beberapa URL; GSC Insights mengekstrak URL kanonis teratas untuk mengambil data Penelusuran.
  • Rentang tanggal: GSC Insights menampilkan data GA selama 28 hari terakhir (hari terakhir mungkin menggunakan sebagian data), terkadang dibandingkan dengan 28 hari sebelumnya. Rentang waktu default GA dan GSC berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa tanggalnya sama saat membandingkannya. Perhatikan juga bahwa meskipun Anda dapat menentukan zona waktu di GA, GSC Insights akan selalu menggunakan Waktu Musim Panas Pasifik, sehingga hari-hari tertentu bahkan bisa berbeda jika dibandingkan.
  • Metrik: GSC Insights menggabungkan metrik GA (kunjungan halaman, waktu rata-rata di halaman), dengan metrik Penelusuran (klik, posisi rata-rata). Metrik tersebut mewakili berbagai aspek situs Anda dan dihitung secara berbeda.

Bagaimana Search Console Insights memilih “konten baru”?

Kartu konten baru menampilkan halaman di situs Anda yang mendapatkan kunjungan halaman pertamanya dalam 28 hari terakhir. Untuk setiap judul, kami juga dapat menunjukkan kueri Penelusuran teratas untuk URL kanonis teratas. Konten diurutkan berdasarkan keterkinian dan harus setidaknya dilihat beberapa kali agar muncul. Ada 3 informasi utama yang kami gunakan untuk mengisi kartu ini:

  • Kami memulai dengan memeriksa judul halaman yang menerima traffic dalam 28 hari terakhir, tetapi tidak menerima traffic apa pun di tahun sebelumnya.
  • Kami menerapkan beberapa aturan untuk membersihkan data, dan halaman yang difilter cenderung bukan merupakan konten baru; misalnya, perubahan judul, halaman komentar, halaman hasil penelusuran internal, dan lainnya.
  • Kami memfilter terjemahan dari konten yang sama dan mempertahankan judul dengan performa terbaik. Kami tidak menggabungkan metrik halaman yang diterjemahkan untuk menghindari kebingungan dengan metrik di antarmuka GA.

Jika kami tidak melaporkan konten baru Anda, bukan berarti konten Anda tidak memiliki traffic GA atau tidak diindeks. GSC Insights dapat menampilkan konten yang tidak diindeks saat mengambil data dari GA. Perlu diketahui juga bahwa konten baru tidak bergantung pada waktu crawl pertama; konten Anda tidak harus di-crawl atau diindeks terlebih dahulu agar muncul di kartu ini.

Bagaimana Search Console Insights memilih “konten terpopuler”?

Kartu konten terpopuler menampilkan judul halaman dengan performa terbaik berdasarkan kunjungan halaman dalam 28 hari terakhir. Untuk setiap judul, kami juga dapat menunjukkan kueri Penelusuran teratas untuk URL kanonis teratas. Untuk melihat data Penelusuran lainnya terkait konten ini, Anda dapat mengklik judulnya dan melihat perincian ringkasan halaman.

Jika URL tidak berada di properti GSC yang terkait, kami tidak akan dapat menyajikan data Penelusuran.

Kartu link perujuk dari situs lain menunjukkan cara pengguna menemukan konten situs Anda melalui link ke konten tersebut yang ada di situs lain.

Laporan ini bertujuan untuk merepresentasikan jumlah kunjungan yang dihasilkan oleh halaman perujuk tertentu. Di GA, saat Anda melihat traffic dari rujukan tertentu, traffic tersebut mencakup semua kunjungan halaman dalam sesi saat ini. Di GSC Insights, untuk setiap sesi masuk dari rujukan tertentu, kami hanya akan menghitung satu kunjungan halaman; traffic yang Anda lihat di kartu ini hanyalah sebagian dari traffic rujukan yang biasanya Anda lihat di GA.

Perlu diketahui bahwa kami tidak menggunakan logika ini di kartu saluran traffic teratas; kunjungan halaman biasanya lebih rendah di kartu link perujuk jika dibandingkan dengan saluran Rujukan.

Apa yang menyebabkan jumlah klik lebih rendah daripada kunjungan halaman di kartu Google Penelusuran?

Ada tiga alasan utama yang menyebabkan jumlah klik lebih rendah daripada kunjungan halaman:

  • Setiap klik dapat memicu lebih dari satu kunjungan halaman – kunjungan halaman lainnya selama sesi tersebut juga diatribusikan ke google/organik. Pelajari lebih lanjut cara sesi ditentukan dan diklasifikasikan.
  • Kunjungan halaman GA untuk google/organik mencakup lebih banyak platform daripada hasil penelusuran web, seperti Discover, Penelusuran Gambar, dan Penelusuran Video.
  • GA dan GSC tidak selalu membuat laporan terkait grup halaman yang sama. Misalnya, Anda mungkin memiliki akun GSC yang hanya mencakup halaman HTTP, sementara tampilan GA yang Anda pilih membuat laporan terkait HTTP dan HTTPS.

Apa arti badge yang berbeda-beda di kartu GSC Insights?

Kami menggunakan badge di GSC Insights agar Anda dapat berfokus pada pola yang menarik dalam data. Untuk saat ini, ada tiga jenis badge:

  1. Durasi rata-rata tinggi: konten memiliki durasi rata-rata yang tinggi dibandingkan dengan konten lain di situs Anda. Ini mungkin konten yang menarik bagi audiens Anda.
  2. 5 hasil teratas: posisi rata-rata konten Anda di Google Penelusuran (organik) dalam 28 hari terakhir untuk kueri tertentu adalah posisi kelima atau lebih tinggi.
  3. x% trending: menunjukkan perbandingan antara performa dalam 28 hari terakhir dan periode sebelumnya. Badge ini hanya ditampilkan jika trennya secara signifikan lebih besar dari tren situs umum.

***

Jika ada teman-teman yang bisa kasih solusi, silakan tulis di kolom komentar.

Terima kasih.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID