Capaian 300.000 Pembaca ResearchGate

Mengenal ResearchGate

Menurut Wikipedia, ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara.(https://id.wikipedia.org/wiki/ResearchGate)

Di ResearchGate, kita dapat membuat profil seperti Facebook di mana pengguna dapat membuat daftar pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan minat dan melampirkan makalah penelitian. Pengguna dapat menambahkan kontak profesional dengan mencari peneliti lain yang memiliki fokus yang sama. ResearchGate juga memberikan pengguna pilihan untuk terlibat dalam diskusi online dengan mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan.

Beberapa keuntungan yang diperoleh oleh peneliti di Researchgate:

  1. Dapat membagi publikasi atas penelitian mereka
  2. Dapat berhubungan dengan rekan kerja
  3. Dapat menemukan teman kerja baru untuk sama-sama melakukan penelitian
  4. Memperoleh statistik dan metrik pada penggunaan publikasi yang telah diunggah
  5. Bertanya dengan peneliti diseluruh dunia yang memiliki ketertarikan yang sama
  6. Membantu dalam mencari pekerjaan atau perekrutan

ResearchGate menggabungkan banyak elemen yang bisa ditemukan pada situs sosial media seperti:

  1. Membuat profil
  2. Menyukai atau mengikuti peneliti dan publikasiannya
  3. Dapat menyimpan publikasi yang disukai
  4. Dapat mengomentari atau mengirimkan umpan balik
  5. Dapat membagikan berita dan perbaruan dengan mudah dan cepat. (http://perkadosi.web.id/2019/04/28/mengenal-lebih-dekat-researchgate/)

Hari ini saya membuka akun RG dan mendapatkan informasi telah mencapai jumlah pembaca sebanyak 300.000 lebih. Jumlah ini meliputi abstrak, makalah full dan pertanyaan atau jawaban yang saya buat di RG. Rasa syukur capaian tersebut saya niatkan dengan menulis artikel ini.

ResearchGate secara rutin memberikan informasi progress kunjungan dan jumlah keterbacaan makalah di RG. Bagi saya yang masih awam di dunia penelitian sangat terbantu, tahu sejauh mana makalah disukai peneliti lain. Q&A-nya membantu mengajukan pertanyaan teknis atau diskusi ke peneliti lain.

Weekly Report

Setiap seminggu sekali ResearchGate memberikan laporan rekapitulasi kunjungan yang masuk ke notifikasi di laman RG. Biasanya ada tiga laporan yaitu:

  • Jumlah kunjungan makalah RG. Misal makalah saya tentang ‘Islam Asia Tenggara: Akar Historis dan Distingsi’ sudah mencapai 23.000 kunjungan.
  • Jumlah pembaca baru yang dihubungkan dengan institusi kita. Makalah saya diafiliasi ke UIN Jakarta maka muncul notifikasi pembaca baru misal 2000 dan menjadi most read contributuion from your instituion.
  • Jumlah kunjungan mingguan yang bisa kita baca lebih detail.

Weekly report saya minggu ini sampai pertengahan bulan Juni.

Summary kunjungan

Nampak research interest sebesar 3,4. 2 rekomendasi dan jumlah total kunjungan lebih dari 2.329. Research Interest adalah ukuran sejauh mana ilmuwan dalam penelitian kita. Total kunjungan meliputi makalah, abstrak, figure dll yang kita upload di RG.

Peneliti yang membaca

Nama-nama peneliti yang membaca makalah di RG. Disebutkan keterangan apakah hanya membaca informasi dan abstrak penelitian atau membaca full text.

Publikasi yang paling banyak dibaca

Notifikasi RG berbeda dengan Academia. Jika di RG akan kita dapatkan ketika membuka akun seperti di Facebook. Sementara Academia memberikan notifikasi keterbacaan via emai

Makalah ResearchGate di Google Scholar

Cara agar makalah dari ResearchGate masuk ke indeks Google Scholar menurut saya hanya sabar menunggu sampai makaah tersebut terindeks.

Selain itu, gunakan promosi di sosial media atau blog agar tulisan kita di RG mendapatkan atensi atau dikenal orang.

Hasil dari kesabaran di atas, dua tugas makalah saya di RG bisa terindeks Google Scholar.

Memanfaatkan OSF untuk Sarana Publikasi

begitu banyaknya media online yang menyediakan ruang untuk meletakkan paper kita tersebut sekarang membuatnya menjadi mudah untuk diakses orang pembaca lain. Saya menggunakan OSF ini untuk membagi paper saya yan tidak diterbitkan dalam prosiding atau masih dalam prosiding namun berbentuk print out. Linknya dapat diakses di sini: https://osf.io/?goodbye=true

Tampilan website OSF seperti pada gambar di bawah ini.

OSF tidak hanya menawarkan ruang untuk berbagi file publikasi namun juga bisa mengenerate DOI untuk publikasi kita yang belum memiliki DOI. Keunggulan lain dari OSF ini adalah prosesnya sangat cepat. Hanya kurang dari 3 hari, publikasi yang diupload akan terindeks oleh google scholar dan selanjutnya bisa anda tambahkan di google scholar profile anda. DOI juga bisa digenerate serta merta.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Tinggalkan komentar