Google Translate Kini Hasilkan Terjemah Standard, Casual dan Formal

Seberapa sering orang menggunakan Google Translate? Menurut pengakuan Google sendiri, Google Translate menerjemahkan 100 miliar kata setiap harinya. Tentu saja, kata-kata tersebut tidak terbatas pada satu topik saja.

Meski demikian, Google sendiri juga mengakui bahwa sebelum ini, Google Translate kurang efektif untuk dipakai menerjemahkan percakapan sehari-hari. Pada kenyataannya, software penerjemah ini lebih relevan ketika dipakai dalam konteks dokumen resmi yang banyak melibatkan istilah-istilah formal.

Belajar dari pengalaman tersebut, tim Google Translate rupanya telah menyiapkan solusi yang cukup jitu. Mereka bekerja sama dengan ribuan orang dari komunitas penggunanya untuk meningkatkan kinerja Google Translate. Atau dengan kata lain, mengoreksi terjemahan-terjemahan yang ‘salah’.

Melalui update terbarunya, Google Translate kini jauh lebih bisa diandalkan dalam menerjemah, dengan hadirnya tiga pilihan hasil terjemah yaitu:

  • Standard
  • Casual (santai, tidak formal)
  • Formal

Seperti yang bisa kita lihat pada contoh di bawah, dimana Google Translate memberikan tiga pilihan hasil terjemah.

Google sendiri berjanji untuk terus meningkatkan kinerja Google Translate dalam menerjemahkan sekitar 90 bahasa yang didukung. Namun jika Anda juga ingin ikut memberikan kontribusi, Anda bebas bergabung dengan Google Translate Community.

Baca juga artikel sebelumnya tentang DeepL Translator: Penerjemah Paling Akurat di Dunia

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID