Intervensi Agama dan Spiritual dalam Perawatan Kesehatan Mental: Tinjauan Sistematis dan Meta-Analisis dari Uji Klinis Terkontrol Acak

Agama, Spiritual dan Kesehatan Mental

Meskipun interkoneksi antara agama, spiritualitas dan praktek medis telah terjadi sepanjang sejarah, hanya dalam dekade terakhir literatur ilmiah telah menunjukkan peran penting dari religiusitas/spiritualitas (R/S) dalam kesehatan fisik dan mental pasien (Koenig et al. 2012) .

Namun, mendefinisikan konsep yang kompleks dan saling berhubungan seperti spiritualitas dan religiusitas tidaklah mudah karena tidak ada definisi universal yang diterima oleh peneliti (Cook, 2004). Sullivan (1993) mendefinisikan spiritualitas sebagai fitur individu dan unik yang menghubungkan diri dengan alam semesta dan orang lain, dan mungkin atau mungkin tidak termasuk keyakinan pada dewa.

Puchalski (2012) menggambarkan spiritualitas sebagai cara untuk menemukan makna dan tujuan hidup dengan menghubungkan diri manusia dengan yang suci. Selain itu, Koenig dkk. (2012) mendefinisikan spiritualitas sebagai ‘sesuatu yang dibedakan dari humanisme, nilai-nilai, moral, dan kesehatan mental, dengan hubungannya yang sakral, transenden’ dan agama itu ‘melibatkan keyakinan, praktik, dan ritual yang terkait dengan transenden, di mana transenden adalah Tuhan’.

Kurangnya konsensus ini menyebabkan kesulitan dalam membandingkan hasil antara studi (Lucchetti et al. 2013). Namun demikian, beberapa penelitian telah menunjukkan korelasi positif antara R/S dan pencegahan berbagai penyakit dengan bukti peningkatan kualitas hidup dan peningkatan kelangsungan hidup (Sawatzky et al. 2005; Chida et al. 2009).

Makalah yang berbeda telah melaporkan korelasi antara kehadiran agama yang lebih besar dan peningkatan kekebalan tubuh atau imunitas (Bormann & Carrico, 2009), tekanan darah rendah dan komplikasi jantung pada pasien pasca operasi (Lucchetti et al. 2011; Masters & Hooker, 2013) dan korelasi dengan remisi kanker (Ando et al. 2010; Ka’opua dkk. 2011).

Artikel lengkap: PDF

Sumber: Gonçalves, J. P. B., Lucchetti, G., Menezes, P. R., & Vallada, H. (2018). Religious and spiritual interventions in mental health care : a systematic review and meta-analysis of randomized controlled clinical trials, Psychological Medicine (2015), 45 : 2937–2949.

2 pemikiran pada “Intervensi Agama dan Spiritual dalam Perawatan Kesehatan Mental: Tinjauan Sistematis dan Meta-Analisis dari Uji Klinis Terkontrol Acak”

Tinggalkan komentar