Posting Artikel dari WordPress Android

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan manfaat dari kegiatan blogging menggunakan WordPress for Android, menurut pandangan saya sendiri selama beberapa bulan menggunakan aplikasi ini. Oh ya, untuk diketahui jika anda berminat dengan aplikasi ini, dapat diunduh di Google Play dengan keyword WordPress.

Menulis dari WordPress for Android tetap enak dan nyaman. Fitur edit tulisan yang biasa ada di desktop juga bisa kita dapatkan disini meski sangat sederhana seperti bold, italic, underline atau garis bawah, inline atau garis tengah, create link, tanda petik dan fasilitas more untuk mensplit artikel menjadi beberapa halaman, fasilitas ini belum ada pada versi desktop kecuali kita menulis codenya langsung.

Fasilitas lainnya adalah post format yang ada dalam banyak pilihan format yaitu standard, status, gallery, quote, link, image, chat, aside dan video. Post format membantu kita membuat format baku tulisan, mungkin postingan yang banyak gambar, video, table atau hanya kutipan saja.

Ketika menulis di Android, kita bisa save ide menulis dalam bentuk local draft tanpa harus terkoneksi dengan internet, dengan cara ini saya lebih enjoy menyimpan ide tulisan daripada menyimpan di aplikasi note seperti evernote misalnya.

Yang kerasa banget manfaatnya adalah untuk mengelola komentar, untuk melihat komentar yang masuk, meng-approve komentar baru atau menjawabnya. Jadi dengan menggunakan aplikasi Android saya bisa lebih cepat memoderasi komentar baru tanpa perlu menunggu log in di komputer lagi.

Selain itu, manfaat lain dari aplikasi ini adalah saya bisa menulis dan mem-publish artikel dari blog saya kapan dan dimana saja.

Adapun kesulitan yang saya alami adalah untuk upload foto menggunakan aplikasi Android, memang cukup sulit dan hal ini jarang saya gunakan. Untuk upload gambar atau foto saya lebih memilih dari komputer langsung.

Semoga tulisan ini bisa menambah informasi untuk pengguna wordpress dan mari kita isi konten blog kita dengan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Selamat berdjoeang. []

Satu pemikiran pada “Posting Artikel dari WordPress Android”

Tinggalkan komentar