Minangkabau International Scout Camp (MISC) I

MISC 2015 adalah event kepramukaan internasional yang mengkombinasikan kegiatan kepramukaan, jelajah alam, bela negara serta wisata budaya dan kuliner yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan jantung warisan budaya Minangkabau, Istano Basa Pagaruyung.

Acara ini akan dihadiri 1000 Pramuka Indonesia dan 500 Pramuka Mancanegara. Rencanya acara akan dibuka Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault dan beberapa menteri.

Minangkabau International Scout Camp atau disingkat MISC I diadakan oleh alumni gontor di Tanah Datar yang mengumpulkan pesantren se Indonesia dalam rangkaian acara pramuka. Dan sudah banyak yang tahu kalo Gontor terkenal dengan pramukanya.

Ust Arifin Jayadiningrat, alumni Gontor dan pendiri Islamic Character Development yang bergerak dalam Pembangunan karakter bangsa sempat diundang untuk menjadi pembicara untuk semua pembina pramuka. Dalam sesinya beliau menjelaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar pesantren dan lembaga Pendidikan dan itu sudah diajarkan dalam ilmu Pramuka.

Minangkabau Internasional Scout Camp II (MISC II) akan dilaksanakan pada tanggal 10-17 November 2018 mendatang di Bumi Perkemahan Pagaruyung yang difasilitasi oleh Ikatan Keluarga Besar Modern (IKPM) Gontor Cabang Sumatera Barat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar pada saat temu ramah dengan IKPM Cabang Sumatera Barat diketuai Dr. H. Eka Putra Wirman, MA yang juga Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang pada acara audiensi pelaksanaan MISC II, Jumat (1/06) di Rumah Dinas Bupati setempat.

Semoga acaranya berjalan lancar, senang sekali saya berkesempatan mengikuti MISC I .

Berikut beberapa foto kami di MISC I

Link Video suasana arena Pramuka MISC

Salah satu peserta MISC dan inisiator acara Pramuka ini adalah Pesantren Pramuka Alhira, satu satunya pesantren Pramuka di Indonesia.

Ini foto flyer MISC I

image

Update: MISC II di Tanah Datar. sumber informasi tanahdatar.go.id

AJANG MINANGKABAU INTERNASIONAL SCOUT CAMP II RESMI DIBUKA
sumber gambar: tanahdatar.go.id

Minangkabau Internasional Scout Camp II tahun 2018 merupakan ajang untuk memupuk semangat kemitraan, persaudaraan dan perdamaian antar peserta, disamping juga ajang pengenalan budaya bagi masing-masing kontingen. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum, di halaman depan Istano Basa Pagaruyung, Kamis (15/11) saat membuka secara resmi kegiatan MISC II tahun 2018.

Selain itu, menurut kapolda kegiatan ini juga merupakan ajang pengenalan adat, budaya serta pariwisata bagi Propinsi Sumatera Barat secara umum. Untuk itu Polda Sumbar siap mendukung sepenuhnya.

Dia juga menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta MISC. Di antaranya peserta diminta agar meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah dan mengikuti kegiatan ini dengan baik. Selain itu menurutnya peserta juga harus bisa mengenali budaya masing-masing kontingen sehingga bisa memahami berbagai macam keragaman. Dia juga meminta agar peserta bisa menjalani dan mengeratkan ukhuwah Islamiah antar peserta agar tercipta persaudaraan dalam keberagaman.

Sementara pada kesempatan yang sama Ketua Harian Kwarda 03 Sumbar Yulius, mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. “Atas nama Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada ketua dan seluruh pengurus IKPM Gontor cabang Sumatera Barat yang telah menyelenggarakan kegiatan MISC II tahun 2018 ini. Semoga dengan segala aktifitas yang dilaksanakan akan memberikan kontribusi yang besar bagi gerakan pramuka dan scout khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ujar Yulius.

Lebih lanjut Yulius menyampaikan bahwa di era kemajuan teknologi saat ini banyak generasi muda kita yang telah terpengaruh dan terjerumus, sehingga pergaulan mereka tidak lagi mencerminkan sebuah sifat yang diajarkan oleh agama dan bangsa kita. Pergaulan bebas, narkoba dan LGBT, itu semua merupakan penyebab kehancuran generasi muda, agama dan bangsa. Untuk itu, kami berharap kegiatan ini mampu menjauhkan kita semua dari perbuatan tercela itu.

Dia juga berharap kepada peserta MISC dan seluruh jajaran baik pemerintahan maupun lembaga lainnya agar segera merapatkan barisan untuk bekerjasama guna mencegah dan memberantas perbuatan yang dilarang agama dan bangsa serta mewujudkan kaum muda yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela Negara serta terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

Di lain pihak Bupati Tanah Datar selaku Kamabicab 0304 Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan bahwa pembinaan melalui gerakan pramuka sudah harus dimulai sejak dini. Karena menurutnya, telah terbukti bahwa melalui kegiatan pramuka akan tercipta generasi muda yang tangguh, jujur dan berkarakter serta pekerja keras.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada panitia pelaksana MISC II, karena telah mempercayakan kepada kabupaten Tanah Datar sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Di hadapan seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir, Irdinansyah juga menyampaikan bahwa kalau masih dipercaya kabupaten Tanah Datar juga siap menjadi tuan rumah MISC III.

“Kami siap membenahi Bumi Perkemahan dan fasilitas pendukung lainnya untuk menyambut peserta MISC III,” kata Irdinansyah meyakinkan seluruh hadirin.

Sementara ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor cabang Sumatera Barat Dr. H. Eka Putra Wirman, menyampaikan bahwa peserta MISC II tahun 2018 ini berasal dari berbagai propinsi di seluruh Indonesia di antaranya dari Riau, Sumatera Utara, Jambi, Jakarta, Jawa Barat, Lombok dan ada juga dari Trengganu Negara Malaysia. (Humas-HP).

Yel Yel Heboh MISC II

Tinggalkan Balasan