Pengalaman Transfer via BI Fast BCA, Keterangan Gagal tapi Saldo Terpotong

AHMADBINHANBAL.COM – Saya salah satu nasabah Bank BCA yang belum lama membuka akun bank ini. Saya ingin sharing pengalaman ketika minggu ini transfer dari ATM menggunakan BI Fast BCA dimana transksi gagal, tapi saldo terpotong atau terdebit.

Hari Jumat, tanggal 20 Januari kemarin saya bersama istri jalan kaki dari rumah kontrakan ke Jalan Palakali di belakang Universitas Indonesia menuju Indomaret. Hari itu saya ingin mentransfer pembayaran hosting dan domain website ahmadbinhanbal.com ke penyedia domain karena sudah masuk waktu saya harus memperbarui domain tahunan.

Pagi itu suasana jalan masih sepi, Indomaret pun masih sepi gak banyak orang yang berbelanja. Di Indomaret ini ada dua ATM yaitu ATM BNI dan ATM BCA, saya dan istri menuju ATM BCA. Saya ingat ingat kode ATM sambil sekali melihat catatan note di HP agar tidak salah.

Selesai masukkan kode ATM, saya buka saldo untuk memastikan jumlah tabungan cukup untuk transfer, alhamdulillah masih cukup. Karena nomor rekening tujuan adalah BTPN, istri meminta saya pakai BI Fast dulu, jujur saya sendiri baru pertama kali pakai BI Fast, istri mungkin sudah sering karena dia yang pegang semua akun tabungan kami.

Saya masuk ke pilihan BI Fast, masukkan kode Bank dan jumlah transfer yaitu sebesar 1.100.0000,. Saya belum sempat pilih Yes untuk transfer tapi sudah ada proses berlangsung, saya bilang ke istri kalau saya belum klik Yes lho, lalu ketika lihat monitor ada keterangan proses gagal.

Karena gagal, saya pakai cara transfer yang biasa, saya gunakan langkah langkah seperti sebelumnya, alhamdulillah dengan cara ini uang bisa ke transfer, dan ada laporan bukti transfernya. Selesai itu saya coba cek saldo, ternyata yang membuat saya kaget uang saldo saya terpotong dua kali.

Saya keluarkan kartu dari ATM dan konfirmasi ke penyedia domain kalau saya sudah transfer dan tolong bantu dicek apakah ada dua kali transfer karena transfer yang pertama sempat gagal, transfer kedua berhasil namun ada laporan dua kali transfer. Dijawab oleh penyedia domain saya kalau dia cuma menerima 1 kali transfer.

Saya dan istri berkesimpulan ada kesalahan di sistem BCA-nya, kami berencana menunggu sampai besok hari Sabtu dan cek apakah uang itu balik atau tidak.

Sabtu sore saya dan istri jalan ke Indomaret Palakali, saya cek lagi saldo di BCA dan qadarullah belum kembali uangnya, maka saya berencana untuk ke teller BCA di Kampus UI, namun karena hari Ahad dan hari Senin libur, saya baru bisa ke Teller hari Selasa. Semoga nanti ada penyelesaian.

Pagi ini saya ke ATM BCA di Indomaret Palakali, saya ingin cek saldo rekening apakah saldo yang kemarin hilang sudah kembali atau belum, jika belum baru saya akan ke kantor BCA di UI.

Alhamdulillah wa Syukrulillah, waktu cek saldo ternyata saldo yang hilang sudah kembali, saya hanya menunggu satu hari atau dua hari di hari kerja, tanpa menghubungi ke operator atau datang ke kantor terdekat.

Jika Anda memiliki masalah seperti saya, mungkin bisa ditunggu sampai hari kerja, jika saldo yang hilang belum kembali bisa ke telp call center atau datang ke kantor, itu jika uang yang hilang sedikit seperti saya, masih bisa sabar, mungkin kalau puluhan juta, baiknya langsung telp atau datangi teller biar ada kejelasan.

Terima kasih

Tinggalkan komentar