Sidang Terbuka Promosi Gelar Magister (S2) Jumal Ahmad di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta

Promosi Gelar Magister (S2) Jumal Ahmad – Hari Selasa, 18 Agustus 2020, salah satu milestone kehidupan berhasil saya lewati. Hari ini akan selalu dikenang dimana secara resmi menyandang gelar MA. Gelar ini saya peroleh dari Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perjuangan selama 2 tahun lebih, akhirnya terbayar tuntas.

Banyak suka dan duka, namun dukungan dari keluarga, terucatam istri tercinta selalu menjadi penguat dan penyemangat.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Muhammad Zuhdi, M.Ed, Ph.D selaku pembimbing dan tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Didin Saepudin, MA, Muhammad Zuhdi, M.Ed, Ph.D, Prof. Dr. Suwito, MA dan Prof. Dr. Abuddin Nata, MA.

Saya masuk Program Magister Pengkajian Islam konsentrasi Pendidikan Islam, hasil ujian, alhamdulillah bagus dengan yudisium Sangat Memuaskan.

Tesis saya yang berjudul Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sebelum sampai pada ada beberapa ujian yang saya dan teman-teman lewati yaitu: Ujian proposal Tesis, Ujian Komprehensif, Ujian Work in Progress 1, Ujian Work in Progress 2, Ujian Pendahuluan Tesis/ Disertasi dan baru Ujian Promosi Magister/ Doktor.

Alhamdulillah, semoga dipermudah lagi untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Amiin.

Informasi sidang: http://graduate.uinjkt.ac.id/?p=25662

Di akhir tulisan ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu menyelesaikan program master dan menulis Tesis yang saya tulis di Kata Pengantar.

Segala puji dan syukur disampaikan ke hadirat Allah Swt atas segala rahmat serta kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tesis ini. Salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw beserta keluarga, sahabat serta para pengikutnya yang tetap istiqamah di jalan-Nya.

Proses menyelesaikan program master dan menulis tesis memberikan pelajaran berharga bagi penulis, bahwa Magister journey bukan kompetisi siapa yang paling cepat selesai, bukan siapa yang tulisannya paling berpengaruh (impact) tinggi dan selesai tanpa ada koreksi dari penguji. Tesis ini adalah proses perjalanan penelitian yang penulis nikmati, refleksi dan dilakukan dengan sebaiknya.

Tesis dibuat untuk memenuhi salah satu syarat mencapai gelar Magister di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam perjalanannya, tesis ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada:

  1. Bapak Prof. Dr. Phil. Asep Saepudin Jahar, MA sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana dan Bapak Arif Zamhari, M.Ag, Ph.D sebagai Kaprodi Program Magister Sekolas Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang memberi kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan kemampuan sehingga dapat menyelesaikan tesis.
  2. Bapak Muhammad Zuhdi, M.Ed. PhD. selaku pembimbing tesis atas segala bimbingan, waktu serta tenaga yang diberikan dengan penuh kesabaran.
  3. Seluruh dosen Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan tim penguji pada ujian proposal penelitian, ujian Work in Progress (WIP), ujian komprehensif, dan ujian pendahuluan yang telah banyak memberikan ilmu dan pembelajaran kepada penulis.
  4. Dekan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ibu Dr. Sururin, MA, dan Ketua Prodi PAI, PBA, PBSI, PMTK dan P. IPA atas izin yang telah diberikan sehingga penulis dapat mengumpulkan data di FITK UIN Jakarta dan para mahasiswa yang telah membantu penelitian tesis ini.
  5. Aksi Peduli Bangsa dan Islamic Character Development, tempat penulis bekerja atas motivasi dan dukungan selama kuliah hingga penyusunan tesis.
  6. Dr. Abdullah Sahin dari Warwick University, UK yang memberikan buku ‘New Directions in Islamic Education: Pedagogy and Identity Formation’ dan menjadi salah satu rujukan utama penelitian.
  7. Untuk yang tak terlupakan ayahanda tersayang Hambali dan ibunda tercinta Sulasni yang telah membesarkan dan memberikan dukungan moril serta doa selalu mengiringi setiap langkah saya, serta adik-adik saya, Jalal dan Alfiyah.
  8. Untuk orang yang senantiasa setia dan sabar mendampingi tanpa kenal lelah. Tesis ini tak akan pernah terwujud tanpa dukungan darimu, Tesis ini milikmu juga. Terima kasih atas semua perhatian yang tercurah.

Semoga Allah Swt berkenan membalas kebaikan semua pihak yang telah membantu. Semoga tesis ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID