Bismillah…
Hari ini kita akan bersama mengenal Kitab Sunan Dawud Dan Biografi Ringkas dari Imam Abu Dawud
Pembahasan meliputi biografi ringkas Imam Abu Dawud, Dan Metodologi Dalam kitab Sunannya.
Semoga bermanfaat.
Biografi Imam Abu Dawud
Banyak ulama yang menempatkannya sebagai ahli hadis setelah Bukhari dan Muslim. Selain Imam Bukhari dan Muslim, salah seorang tokoh hadis yang terkenal adalah Imam Abu Dawud. Kepakarannya dalam bidang hadis diakui banyak ulama, baik para ahli tafsir, fikih, maupun ahli hadis.
Nama lengkapnya adalah Sulaiman bin al-Asy’ats bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Amru bin Amir al-Azdi al-Sijistani. Biasanya, ia dipanggil dengan nama Abu Dawud.
Ia adalah seorang imam ahli hadis yang sangat teliti dan merupakan tokoh terkemuka para periwayat hadis. Ia dilahirkan pada tahun 202 H/817 M di Sijistan.
Menurut Syekh Muhammad Said Mursi, dalam buku Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, Imam Abu Dawud, dikenal sebagai penghafal hadis yang sangat kuat. Ia menguasai sekitar 500 ribu hadis.
Sejak kecil, Abu Dawud sudah mencintai ilmu pengetahuan. Ia banyak bergaul dengan para ulama dan menimba ilmu dari mereka. Ia belajar hadis hingga ke berbagai negeri. Menurut salah satu riwayat, konon ia harus menjumpai para ulama penghafal hadis yang dikenalnya sangat ahli. Ia mengembara dari Sijistan, Hijaz, Syam, Mesir, Irak, dan negeri-negeri lainnya, hingga akhirnya menetap di Basrah.
Guru-gurunya adalah Ath-Thayalisi, Ibn Syuraih, Hisyam, Umar, Ibnu Rahawaih, Al-Farra, Al-Madini, Imam Ahmad bin Hambal, dan lainnya. Adapun murid-muridnya adalah At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Al-Kirmani, Ibn Abi Dunya, dan Abu Zur’ah.
Dari guru-gurunya itu, Abu Dawud menimba berbagai ilmu pengetahuan, termasuk ilmu-ilmu hadis. Karena itu, pengetahuannya dalam bidang hadis ditempatkan pada urutan ketiga ahli hadis setelah Bukhari dan Muslim. Ia mengumpulkan, meneliti, menyaring, dan membukukan hadis-hadis yang diperolehnya. Dari ratusan ribu hadis yang didapatkannya itu, sekitar 4.800 hadis ia pilih menjadi hadis sahih yang dibukukan menjadi Sunan Abu Dawud.
Begitu dalamnya perhatian Abu Dawud pada hadis, banyak ulama yang memuji dan memberikan sejumlah julukan kepadanya. Ibnu Ishaq Shahani berkata, ”Abu Dawud menempa hadis sebagaimana layaknya Nabi Daud menempa besi.”
Sementara itu, An-Naisaburi berkata, ”Dia adalah imam hadis yang tidak ada tandingannya di masanya.” Ibnu Mamduh menyatakan, ”Orang yang istimewa dalam hafalannya dan terhindar dari kesalahan ada empat, yaitu Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan An-Nasa’i.”
Al-Hafiz Musa bin Harun berkata, ”Abu Dawud diciptakan di dunia hanya untuk hadis dan di akhirat untuk surga. Aku tidak melihat orang yang lebih utama melebihi dia.”
Konon, saking pandainya Abu Dawud meriwayatkan hadis dari Rasulullah saw., Sahal bin Abdullah At-Tistari pernah meminta Abu Dawud untuk menjulurkan lidahnya dan menciumnya. Hal itu dilakukannya untuk mengambil hikmah dari apa yang didapatkan Abu Dawud mengenai hadis.
Ulama lainnya pun banyak yang memberikan ungkapan dan pujian serupa yang menggambarkan betapa tinggi dan luasnya pengetahuan Imam Abu Dawud dalam bidang hadis. Ketika kitab hadis yang ditulisnya ditunjukkan pada Imam Ahmad bin Hambali, gurunya itu berkata, ”Kitab ini sangat bagus dan indah.”
Bahkan, kendati diakui sebagai gurunya, ternyata Imam Ahmad bin Hambal pernah meriwayatkan sebuah hadis yang diterimanya dari Abu Dawud. Ini menunjukkan kualitas dan keahlian Abu Dawud dalam ilmu hadis.
Seperti Imam Ahmad
Selain itu, Abu Dawud juga dikenal seorang ulama yang wara, saleh, dan patut menjadi teladan. Sifat-sifatnya sebagaimana diungkapkan para ahli hadis menyerupai Ahmad bin Hambal dalam hal perilaku, sikap, dan kepribadiannya.
Imam Ahmad bin Hambali dalam sifat-sifatnya menyerupai Waki’ dan Waki’ menyerupai Sufyan As-Sauri. Sufyan menyerupai Mansur dan Mansur menyerupai Ibrahim An-Nakha’i. Ibrahim menyerupai Alqamah dan ia menyerupai Ibn Mas’ud. Sedangkan, Ibn Mas’ud menyerupai Nabi SAW. Sifat dan kepribadian yang mulia ini menggambarkan kesempurnaan akhlak dan kepribadian Imam Abu Dawud.
Dalam hal berpakaian, sang pakar hadis ini juga punya pandangan dan falsafah tersendiri. Menurut sebuah riwayat, baju yang dipakainya tampak berbeda antara lengan baju yang kanan dengan yang kiri. Yang satu lebih lebar dan yang lain lebih sempit.
Seseorang yang melihatnya terkadang bertanya akan sikap nyentriknya Abu Dawud ini. Adapun alasan yang dikemukakannya, ”Lengan baju yang lebar dipergunakan untuk membawa kitab dan yang lain tidak diperlukan. Jadi, kalau keduanya sama lebar, itu hanyalah pemborosan dan berlebih-lebihan,” ujarnya.
Abu Dawud juga dikenal sebagai seorang yang wara, sopan, dan hormat kepada yang tua dan santun pkeada yang muda. Sebagaimana dituturkan oleh Imam al-Khattabi dari Abu Bakar bin Jbir, pembantu Abu Dawud.
”Aku bersama Abu Dawud tinggal di Baghdad. Pada suatu waktu, ketika kami selesai menunaikan shalat Maghrib, tiba-tiba pintu rumah diketuk orang. Lalu, pintu aku buka dan seorang pelayan melaporkan bahwa Amir Abu Ahmad al-Muwaffaq mohon izin untuk masuk. Kemudian, aku melaporkan tamu ini kepada Abu Dawud dan ia pun mengizinkan. Sang Amir pun masuk lalu duduk. Tak lama kemudian, Abu Dawud menemuinya seraya berkata, ”Gerangan apakah yang membawa Anda datang ke sini pada saat seperti ini?”
Sang Amir menjawab, ”Ada tiga kepentingan. Pertama, hendaknya tuan berpindah ke Basrah dan menetap di sana supaya para penuntut ilmu dari berbagai penjuru dunia datang belajar kepada tuan. Dengan demikian, Basrah akan makmur kembali. Ini mengingat bahwa Basrah telah hancur dan ditinggalkan orang akibat tragedi Zenji.”
”Kedua, hendaknya tuan berkenan mengajarkan kitab Sunan kepada putra-putraku. Ketiga, hendaknya tuan mengadakan majelis tersendiri untuk mengajarkan hadis kepada putra-putra khalifah sebab mereka tidak mau duduk bersama-sama dengan orang umum.”
Abu Dawud menjawab, ”Permintaan ketiga tidak dapat aku penuhi. Manusia pada dasarnya adalah sama, baik pejabat maupun rakyat.” Ibn Jabir menjelaskan, sejak saat itu putra-putra khalifah hadir dan duduk bersama di majelis taklim.
Abu Dawud berkata, ”Hendaknya para ulama tidak mendatangi para raja dan penguasa, tetapi mereka-lah yang harus datang kepada para ulama.”
Demikianlah riwayat dan kebesaran sang ulama hadis ini. Setelah mengalami masa kehidupan yang gemilang dengan keilmuan yang dimilikinya pada 16 Syawal 275 H/889M, Imam Abu Dawud berpulang ke rahmatullah, menghadap Sang Khalik. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan ridha-Nya.
Sunan Abu Dawud: Karya Fenomenal Sang Ahli Hadis
Sepanjang hidupnya, sekitar 73 tiga tahun (202-275 H), Imam Abu Dawud banyak mengabdikan dirinya pada ilmu hadis. Sejak kecil, ia belajar, mengumpulkan, menghafal, meneliti, dan membukukan ratusan ribu hadis serta mengajarkan hadis kepada umat.
Selama masa pendidikan hingga mengajarkan hadis, Abu Dawud banyak menulis kitab. Di antaranyaKitab Sunnan Abu Dawud, Al-Marasil, Kitab Al-Qadar, An-Nasikh wal-Mansukh, Fadla’il al-A’mal, Kitab Az-Zuhd, Dala’il an-Nubuwah, Ibtida’ al-Wahyu, dan Alhbar al-Khawarij.
Karyanya yang termasyhur dan beredar luas di kalangan umat Islam adalah Kitab Sunan Abu Dawud.
Dalam kitab Sunan tersebut, Abu Dawud menyusunnya dengan metode yang sangat teliti dan terperinci. Awalnya, kitab tersebut memuat hadis-hadis hukum dan juga hadis yang berkenaan dengan amal-amal yang terpuji, kisah-kisah atau nasihat, serta adab dan tafsir. Namun, ia mengkhususkan hadis-hadis yang berkaitan dengan masalah hukum.
Ketika selesai menulis dan menyusunnya, kitab tersebut ia bawa kepada Imam Ahmad bin Hambal, kemudian Imam Ahmad bin Hambal memuji karya tersebut sebagai karya yang indah dan baik.
Dalam Sunan-nya tersebut, Abu Dawud tidak hanya mencantumkan hadis-hadis sahih semata sebagaimana yang telah dilakukan Imam Bukhari dan Imam Muslim, tetapi ia juga memasukkan hadis sahih, hadis hasan, dhaif, hingga dianggap paling lemah oleh para imam hadis yang tidak menggunakannya.
Namun, apabila ada hadis yang lemah, Abu Dawud menjelaskan kelemahannya. Hal itu diketahui ketika dirinya berkirim surat pada penduduk Makkah sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan mereka mengenai kitabSunan-nya.
”Aku mendengar dan menulis hadis Rasulullah SAW sebanyak 500 ribu buah. Dari jumlah itu, aku seleksi sebanyak 4.800 hadis yang kemudian aku tuangkan dalam kitab Sunan ini. Dalam kitab tersebut, aku himpun hadis-hadis sahih, semisahih, dan yang mendekati sahih. Dalam kitab itu, aku tidak mencantumkan sebuah hadis pun yang telah disepakati oleh orang banyak untuk ditinggalkan.
Mengenai hadis yang mengandung kelemahan, kujelaskan sebagai hadis macam ini, ada hadis yang tidak sahih sanadnya. Adapun hadis yang tidak kuberi penjelasan sedikit pun, hadis tersebut bernilai sahih. Dan, sebagian dari hadis yang sahih ini ada yang lebih sahih daripada yang lain. Kami tidak mengetahui sebuah kitab sesudah Alquran yang harus dipelajari, selain daripada kitab ini. Empat buah hadis saja dari kitab ini sudah cukup menjadi pegangan bagi keberagaman tiap orang.”
Keempat hadis yang disebutkannya itu adalah:
- Pertama tentang niat, ”Sesungguhnya, segala amal itu tergantung pada niatnya…”
- Kedua, ”Termasuk, kebaikan Islam seseorang ialah meninggalkan apa yg tidak berguna baginya.”
- Ketiga, ”Tidaklah seseorang beriman menjadi Mukmin sejati sebelum ia merelakan untuk saudaranya apa-apa yang ia rela untuk dirinya.”
- Dan, keempat, ”Yang halal itu sudah jelas dan yang haram pun telah jelas pula. Di antara keduanya terdapat hal-hal syubhat yg tidak diketahui oleh banyak orang. Barang siapa menghindari syubhat, ia telah membersihkan agama dan kehormatan dirinya. Barang siapa terjerumus ke dalam syubhat, ia telah terjerumus ke dalam perbuatan haram ibarat penggembala yang menggembalakan ternaknya di dekat tempat terlarang. Ketahuilah sesungguhnya tiap penguasa itu mempunyai larangan. Ketahuilah sesungguhnya larangan Allah adalah segala yang diharamkan-Nya. Ingatlah di dalam tubuh ini terdapat sepotong daging. Jika ia baik, baik pulalah semua tubuh. Jika rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ingatlah, ia itu hati.”
Demikianlah penegasan Abu Dawud dalam suratnya. Ini menunjukkan sikap kehati-hatiannya dalam meneliti dan mengemukakan sebuah hadis serta menunjukkan betapa luasnya pengetahuan yang dimilikinya.
Imam Al-Ghazali berkata, ”Sunan Abu Dawud sudah cukup bagi para mujtahid untuk mengetahui hadis-hadis ahkam.”
Demikian juga dua imam, An-Nawawi dan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, yang memberikan pujian terhadap kitab Sunan ini. Bahkan, keduanya menjadi kitab yang disusun Abu Dawud sebagai pegangan utama dalam pengambilan hukum.
Namun, Ibnu al-Jauzi mengkritik beberapa hadis dalam kitab ini. Ia menyebutkan, setidaknya ada sembilan buah hadis yang masuk kategori maudlu (palsu). Ibnu al-Jauzi dikenal sebagai tokoh dan ulama yang sering memvonis pihak lain. Namun, kritik itu telah ditanggapi dan dibantah oleh sebagian ahli hadis, seperti dikemukakan Jalaluddin as-Suyuti.
”Andaikata kita menerima kritik yg dilontarkan Ibnul Jauzi tersebut, sebenarnya hadis-hadis yang dikritiknya itu sedikit sekali jumlahnya dan hampir tidak ada pengaruhnya terhadap ribuan hadis yang terkandung dalam kitab Sunan Abu Dawud. Karena itu, kami melihat bahwa hadis-hadis yang dikritik tersebut tidak mengurangi sedikit pun nilai kitab Sunan sebagai referensi utama yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya,” jelas as-Suyuthi.
Risalah Imam Abu Dawud kepada Penduduk Mekkah
Imam Abu Dawud pernah menulis Surat atau risalah kepada penduduk Mekkah yang menjelaskan Metodologi dalam karya Sunannya.
Berikut beberapa point dari risalah tersebut.
- Di dalam Sunannya, Imam Abu Daud lebih fokus untuk meriwayatkan hadits-hadis yang shohih didalam tiap-tiap bab. Yang mana setengah dari hadits-hadits yang ada disunan terdapat di dalam shohihain.
- Jikamakhroj atau sumber haditsnya terdapat perbedaan (dan kedua-duanya shohih), yang pertama tsiqoh, dan yang kedua diriwayatkan oleh rowi aqdam yaitu dari kalangan Syeikhnya maka beliau lebih mendahulukan rowi yang kedua karena sanad ‘aliy. Hadits seperti ini hanya berjumlah 10 hadits.
- Dari sekian banyak hadits shohih yang terdapat didalam satu bab, beliau hanya memilih satu atau dua hadits saja, tidak menyebutkan semuanya.
- Jika Imam Abu Daud mengulangi satu hadits di dalam dua atau tiga bab dengan satu hadits yang sama maka hadits tersebut harus mempunyai tambahan faidah ilmiyah. tambahan lafadz ini mengandung masalah fiqh yang baru.
- Jika dihadapkan dengan hadits yang panjang, beliau meringkasnya guna menjelaskan letak pembahasan fiqh yang berkaitan dengan bab, sebab jika disebutkan keseluruhan haditsnya maka orang yang membacanya mungkin tidak akan faham apa yang diinginkan oleh Imam Abi Daud.
- Sebelum masa Imam Syafi’i, para ulama (seperti Syu’bah, Malik, Sufyan Ats Tsauri, Ibnu Mubarok dll) berhujjah dengan haditsmursal (yang dimaksud dengan hujjah disini adalah jika didalam bab tidak ada hadits selain hadits mursal tersebut). dan yang seperti ini banyak sekali ditemukan di kitab-kitab ulama mutaqoddomin sebelum Imam Syafi’i-rohmatullahi liljamii’-
- Perbedaan antara shohih dan hujjah, seperti perkataan sahabat, jika tidak ada hadits yang shohih dari Nabi maka perkataan sahabat tersebut dikatakan hujjah, dan kita tidak mengatakan bahwa ia hadits shohih. Begitu juga dengan marosil, kita katakan tidak semuanya shohih.
- Abu Daud didalam kitabnya seakan-akan beliau tidak mendapatkan hadits yang musnadah (bersambung sanadnya) sehingga beliau berhujjah dengan hadits mursal (hadits yang dinisbatkan oleh tabi’i kepada Nabi tanpa menyebutkan sahabat). dan beliau mengakui dan menyadari bahwa mursal tidak sekuat musnad.
- Yang harus difahami adalah bahwa mursal tidak dikatakan hadits shohih, sedangkan perkataan yang mengatakan mursal adalah hujjah atau bukan hujjah maka ini beda lagi.
- Beliau menghindari meriwayatkan hadits ghorib (dan ini juga termasuk kelebihan Sunan Abi Daud), dan mencantumkan hadits masyhur yang menjadi ushul didalam kitab-kitab ulama sebelumnya. mengapa beliau tidak berhujjah dengan hadits ghorib, sebab didalammnya terdapat hadits dhoif, munkar, maudhu’ dll. Sehingga dikatakan bahwa kebanyakan hadits ghorib itu dhoif, sebagaimana yang disebutkan oleh Tirmidzi. Kenapa dhoif, sebab rowi ini telah tafarrud didalam periwayatan hadits dari syeikh yang masyhur, yang mempunyai murid yang banyak, lantas kenapa rowi tersebut bisatafarrud atau dengan istilah lain kenapa rowi tersebut riwayatnya berbeda dengan murid yang lain. Seperti Zuhri misalya (termasuk rowi yang banyak meriwayatkan hadits) mempunyai murid yg banyak, lalu ada satu murid yg menyendiri (tafarrud) dalam meriwayatkan hadits, umpanya ia berkata : “dari zuhri, dari Anas, dari Rosulillah shallallahu’alaihi wasallam. sedangkan murid Zuhri yang lain tidak menyebutkan hadits ini. maka hadits seperti ini diragukan keshohihannya. mungkin saja Zuhri menyebutkan perkataan orang sholih, atau sahabat, lalu rowi tadi menisbatkan perkataan tersebut kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam.