Siapa Penemu Mesin Tik Bahasa Arab?

Saat Anda belajar menulis bahasa Arab, Anda mungkin belum terlalu memikirkan tentang mengetik menggunakan keyboard Arab. Namun, kalau kita sudah bisa, akan sangat berguna untuk mencari karir di Timur Tengah; atau menulis tugas atau skirpsi dalam bahasa Arab.


Apa itu Keyboard Arab?

Dikenal dalam bahasa Arab sebagai lawḥat al-mafātīḥ al-‘Arabīyyah, keyboard Arab, tentu saja, digunakan untuk mengetik dalam bahasa Arab. Semua PC dengan keyboard Arab menggunakan huruf Arab dan huruf Latin.

Penulis Arab membutuhkan huruf Latin untuk mengetik URL dan alamat email. Sama seperti orang Arab menulis dari kanan ke kiri, ketika Anda mengetik menggunakan keyboard Arab, huruf-huruf akan mulai muncul di sisi kanan layar.

Untuk menambahkan keyborad bahasa Arab di komputer, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan berikut.

  • Buka Control Panel dan pilij “Clock, Language, and Region”
  • Pada opsi “Chane Keyboards or Other Input Methods” tambahkan bahasa Arab dan jenis keyboard yang diinginkan.
  • Untuk mengaktifkan keyboard Arab, Anda dapat menekan tombol Alt plus Shift bersamaan atau Windos plus Spasi bersamaan seperti di laptop saya. Atau pilih ikon bahasa di bagian bawah layar.

Beberapa contoh keyboard bahasa Arab dan link keyboard online, bisa Anda kunjungi di sini.

Penemu Mesin Tik Arab

Jika kita maksud penemuan yang pertama kali muncul, itu adalah mesin tik Arab yang disajikan di Egyptian corner di Chicago Fair pada tahun 1893 – tetapi mesin itu tidak benar-benar berfungsi.

Namun, jika kita maksudkan penemuan ini dalam hal versi mesin tik pertama yang dapat digunakan, itu adalah Selim Haddad atau Philippe Waked, tergantung siapa yang Anda pilih, apakah menurut klaim siapa yang pertama kali mengajukan paten (= Selim Haddad) atau siapa yang membangun mesin yang bekerja lebih dulu (Philippe Waked), yang mengetik dokumen cetak pertama dalam bahasa Arab.

Saleem Haddad ( سليم حداد), lahir 1864, berasal dari wilayah yang pada waktu itu disebut “Suriah Raya”. Dia adalah seorang pelukis dan pindah ke Mesir untuk mencari peluang bisnis. Pada titik tertentu, ia menjadi tertarik pada mesin tik.

Philippe Waked lahir pada tahun 1871 di Beirut. Dia pindah ke Mesir dan pada tahun 1890 dia bekerja untuk Kementerian Dalam Negeri. Di waktu luangnya, ia mulai bereksperimen dengan mesin tik. Dia membeli sendiri mesin Remington dan membuat huruf Arab untuk itu dari karet, yang dia tempelkan pada huruf Latin, kemudian menghubungkan huruf-huruf Arab satu sama lain.

Kisah tentang dua penemu mesin tik Arab ini dibahas khusus dalam Podcast dari Kerning Cultures.

Simak transkripnya di tautan ini. Ulasan tambahan di Medium Kerning Cultures.

Dari Mesin Tik ke Komputer

Saat komputer menggantikan mesin tik di dekat awal milenium baru, keyboard Arab juga bergerak. Hari ini, Anda bahkan akan menemukan sebagian besar orang Arab mengetik secara efisien menggunakan keyboard Arab dan Latin. Mereka sama dengan pengguna lain yang dapat mengubah dari satu ke yang lain hanya dengan ketukan beberapa tombol pada setiap keyboard Arab.

Jika Anda ingin mulai mengetik menggunakan keyboard Arab, ada beberapa situs web yang memiliki keyboard Arab online. Anda juga dapat menggunakan panduan dengan menempatkan stiker keyboard Arab pada keyboard Anda sendiri jika tidak dapat ditemukan di tempat Anda tinggal. Selain itu, Anda dapat mengunduh aplikasi keyboard Arab dan mulai menggunakannya untuk mengirim pesan teks kepada teman-teman Arab Anda di media sosial.

Terima kasih.

Jumal Ahmad | Islamic Character Development

donasi

website

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID