4 Tool Menulis Huruf Arab Online, Salah satunya Buatan Indonesia

AHMADBINHANBAL.COM Menulis artikel atau pesan status di sosial media dengan bahasa Arab sangat merepotkan jika kita belum hafal huruf huruf bahasa Arab, namun kini sudah ada keyboard digital yang bisa membantu kita menulis bahasa Arab dengan mudah disertai penulisan harakatnya yaitu Arabic Keyboard digital online.

Nah, berikut ini beberapa cara dalam membuat tulisan arab di arabic virtual yang bisa Anda gunakan untuk keperluan artikel blog atau menuliskan status di media sosial.

1. Yamli

Silakan kunjungi situs Yamli dengan alamat http://www.yamli.com/arabic-keyboard/. selain itu juga tersedia fasilitas search engine yang otomatis mengetikkan font arab masih di situs yang sama yaitu http://www.yamli.com/

Yamli.com cukup canggih; kita hanya perlu menuliskan latinnya, maka akan muncul lafadz dalam arabicnya. Sebagai contoh, saya menuliskan “laila” lalu akan muncul beberapa pilihan lafadz seperti ini.

Yamli arabic keyboard

Anda bisa mencoba kosa kata lainnya seperti (salam: سلام) (ta3reeb: تعريب), (photoshop: فوتوشوب) dengan menggunakan huruf latin. Anda juga bisa gunakan beberapa kode tulisa seperti 3 untuk ع, dan 2 untuk ء, dan 7 untuk huruf ح dan selanjutnya.

Yamli kompatibel untuk seluruh PC, operasi sistem dan browser baik di handphone, tablet dan desktop.

Review dalam bentuk video, bisa disimak di bawah ini

2. Arabic-Keyborad.org

Tampilan awal ada home, search, translate, tolls, game, learn arabic, dan tasykil huruf.

Di halaman Home kita bisa melihat papan untuk menuliskan huruf Arab, untuk Tasykil atau mengharakati huruf, bisa langsung masuk ke تشكيل الحروف saya telah membuat tutorailnya di link ini.

1. Langsung saja kunjungi situs arabic-keyboard.org atau versi lain di alamat arabic-keyboard.org/editor/ dengan fitur lebih lengkap

2. Setelah masuk, kita akan langsung pada halaman dengan tampilan menu dan Keyboard Virtual Arabic yang bisa berjalan di perangkat komputer atau hand phone, selanjutnya silahkan mengetik huruf Hijaiyah (Arabic) pada kolom seperti gambar berikut:

3. Untuk memudahkan penulisan harakat, setiap menulis huruf langsung tambahkan harakatnya di tanda baca.

4. Jika sudah selesai membuat lafadz Arabic di arabic-keyboard.org misal: ( كَتَبْتُ هَذِهِ الرِّسَالَةَ مِنْ قَلْبِيْ ), jika ingin mengedit lebih jauh, bisa masuk ke arabi keyboard editor, dan Anda bisa mengedit tulisan Arab baik warna font, heading dan ukuran serta pengaturan lainnya.

Di sebelah kiri bawah tersedia tombol-tombol harakat jika kita ingin memberi harakat langsung. Ada tombol Google dan Youtube jika ingin langsung melakukan pencarian.

3. Lexilogos.com

1. Silahkan kunjungi situs lexilogos.com

2. Disediakan papan untuk menuliskan bahasa Arab dan Keyboard responsive dengan tampilan huruf Hijaiyah lengkap dan tanda baca (Harokat) yang mudah dipahami di bawahnya.

3. Untuk memudahkan penulisan harakat, setiap menulis huruf langsung tambahkan harakatnya di tanda baca.

Penyusunan huruf keyboard berbeda dengan arabic keyboard yang sesuai tampilan keyboard di laptop, saya yang sudah terbiasa dengan arabic keyboard agak kesusahan menggunakan Lexilogos karena harus mencari huruf sesuai abjad hijaiyyah.

4. Arabic Keyboard

Arabic Keyboard Tool adalah tool paling mudah untuk menulis bahasa Arab di ms Word atau Blog yang dibuat oleh Kang Ismet. Com, saya sertakan keterangan dari blog beliau.

Bagi Anda yang suka menulis Huruf Arab di Microsoft Word atau di Blog, saya buatkan tool yang menurut saya paling mudah untuk menulis huruf Arab.

Kunjungi Arabic Keyboard Online

Cara Penggunaan Arabic Keyboard

Ada dua cara penggunaan Arabic Keyboard Online ini:
1. Bisa di klik langsung pada huruf; atau
2. Menggunakan Keyboard PC /Laptop

Menggunakan Keyboard Laptop/PC untuk mengetik Huruf Arab

Cara menulisnya Anda cukup mengikuti petunjuk yang ada di atas huruf Arab.
Misalkan a untuk ا atau b untuk ب dst..

Special Karakter

A untuk lapdz اللّٰه

Harokat

Untuk menggunakan harokat, tambah =
Fathah, cara mengetiknya =a
Kasrah, cara mengetiknya =i
Dommah, cara mengetiknya =u
Fathatain, cara mengetiknya ==a
Kasratain, cara mengetiknya ==i
Dommatain, cara mengetiknya ==u
Sukun, cara mengetiknya =o
Tasydid, cara mengetiknya =w

Sumber: KangsIsmet.Com

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *