Review Academia Letters di Academia.edu

Guna menyimpan data dan tulisan yang pernah saya buat, saya merutinkan untuk upload di media penyedia upload, dulu saya menyimpan artikel dalam bentuk pdf di Megafire. Karena jarang dilihat, akunnya lupa dan jarang dipakai lagi. 

Mengupload artikel pdf saya niatkan untuk membantu kalau ada pembaca yang ingin mengunduh file dan menyimpannya di komputer. 

Sekarang saya mencoba menyimpan tulisan saya di Academia.Edu/JumalAhmad. Disini banyak artikel ilmiah yang bisa kita dapatkan, selain itu Academia.edu juga bisa terindeks oleh mesin pencari google, harapannya bisa menambah pengunjung blog sederhana saya ini. 

Manfaat Academia.edu

  1. Menemukan dan membaca penelitian baru.
  2. Melihat siapa yang membaca makalah dan profil Anda
  3. Mencari penelitian ilmiah tentang ribuan topik
  4. Menemukan dan terhubung dengan para sarjana yang berpikiran sama
  5. Melihat apa yang sedang dikerjakan teman dan kolega

Tutorial upload artikel ke Academia.edu

  1. Masukan email beserta password nya, bisa juga login dengan Google+ atau Login dengan Facebook.
  2. Setelah udah masuk ke Academia.edu langsung klik “Upload Paper”
  3. Setelah itu muncul tulisan Upload ,klik Choose File.
  4. Tinggal pilih file pdf mana yang mau diupload di Academia.edu , bisa di drag juga.
  5. Pilih file pdf yang mau diupload.
  6. Klik continue, pilih abstract dan kasih tema artikel tentang apa.
  7. Publish.

Academia.edu memiliki lebih dari 23 juta makalah akademis dari jutaan peneliti di seluruh dunia. Saat ini kita bisa mengakses akun Academia.edu kapan pun dan di mana pun dari aplikasi Academia.edu di Play Store. Sampai awal tahun 2020, lebih dari 100 ribu pengguna telah mengunduh aplikasi ini.

Anda bisa mengunduh aplikasi Academia.edu di play store pada tautan ini. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.academia.academia

Review Academia Letters

Academia.edu baru-baru ini meluncurkan jurnal bernama Academia Letters. Tujuannya untuk mempublikasikan artikel pendek, cepat, dan menyebarkannya secara luas.

Makalah yang kita kirimkan ke Letter setidaknya akan mendapatkan 8 review, bisa kurang bisa lebih. Review akan terlihat di samping makalah kita bersama identitas reviewer. Meskipun demikian, kita misalnya menjadi reviewer tidak bisa mengenal satu dengan yang lainnya

Maka ketika mendaptkan hasil review makalah, kita dapat dapat langsung melihat pakar mana yang mendukung keputusan untuk menerbitkan, dan mengapa. Ini sangat membantu keputusan terbit atau tidaknya makalah jurnal.

Tidak ada revisi dan pengiriman ulang, tetapi Academia Letters akan memperbaiki kesalahan penulisan seperti salah ketik dan pengaturan huruf.

Saya mulai sering menerima permintaan dari Academia.edu untuk review makalah untuk publikasi Academia Letters. Permintaan tampaknya dihasilkan oleh algoritma seperti yang dinyatakan dalam email:

“While we verify all returned reviews for author qualification, on rare occasion our algorithm will misidentify a member’s research area.”

Tidak heran jika Academia mencoba keterlibatan peneliti untuk mempercepat proses peninjauan. Namun, sayangnya saya tidak dapat menemukan dewan redaksi untuk publikasi.

Berikut keterangan Academia Letters.

Disebutkan bahwa panjang artikel berkisar antara 800-1600 kata, dan akan dipublish dalam waktu kurang dari satu bulan. Menurut mereka, delay waktu yang lama untuk menunggu publikasi membuat karir seseorang terganggun, dan Letters ingin merubahnya.

Makalah yang disubmit adalah artikel ilmiah, bukan non fiksi, jurnalisme atau semisalnya.

Setelah beberapa kali mendapatkan tawaran review makalah dan saya berikan semampu saya. Saya mendapatkan email dari Academia untuk submit makalah di Letters.

Berikut emailnya:

Dear Jumal,

Do you have a short article to submit to Academia Letters?


Academia Letters is a new, experimental online journal that publishes ultra-short research papers (800-1,600 words), such as brief reports, case studies, or “orphaned” findings and ideas dropped from previously-published work. Letters are rapidly reviewed, and published articles are distributed to thousands of interested readers.

Click here to submit an article

Thanks,
The Academia Team

Saya coba klik link tersebut dan terhubung ke dashboar Letters

Di halaman awalnya nampak ucapan Welcome dari Academia.

Di sebelah kiri berisi data makalah, yaitu judul makalah yang akan ditulis, nama lengkap, afiliasi dan email.

Di bawahnya lagi adalah halaman kita untuk menulis makalah, seperti di laman word. Sebelah kanan merupakan tampilan pdf makalah kita.

Alur Academia Letters setelah submit makalah

Jika Anda ingin melihat contoh makalah yang sudah publish di Letters, sila kunjungi makalah ini:

The Origins of the term “Palestinian” (“Filasṭīnī”) in late Ottoman Palestine, 1898–1914

https://www.academia.edu/49925414/The_Origins_of_the_term_Palestinian_Filas%E1%B9%AD%C4%ABn%C4%AB_in_late_Ottoman_Palestine_1898_1914

Di makalah itu sudah muncul hasil jadi makalah yang sudah ada DOI, waktu publikasi dan Publikasi oleh Academia Letters.

Sekian review sederhana saya.

Semoga bermanfaat.

Rujukan

https://www.academia.edu/letters/about
https://www.academia.edu/letters/submission_faq

Tinggalkan komentar