Musyrif Ash-Syihri dan Karyanya dalam Teknologi Islami

Hari ini dunia Islam menangisi pemergian seorang ulama dan pengumpul ilmu-ilmu keislaman, yaitu Syaikh Musyrif Ash-Syihri. Beliau nazarkan hidupnya untuk mengumpulkan kitab, penelitian dan kajian-kajian audio para ulama untuk membantu para penuntut ilmu. Beliau kumpulkan fawaid ilmu dari para ulama untuk memudahkan para penuntut ilmu mengaksesnya via internet.

Fawaid itu salah satu cara ulama terdahulu untuk mengumpulkan segala macam ilmu pengetahuan yang mereka dapat, saat ini mungkin bisa disebut dengan ‘Knowledge Management’ yaitu kiat untuk mengelola ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh Ikujiro Nonaka.

Kehadiran komputer dan internet pada masa ini telah mengubah paradigma baru dalam kehidupan, termasuk dalam hal sharing ilmu pengetahuan dengan mudah dapat kita bagikan kepada semua orang di dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Dan cara paling mudah dan terbaik saat ini untuk menerapkan fawaid dan knowledge management sekaligus adalah mengumpulkan ilmu pengetahuan tersebut di media internet.

Sebelum mengenal lebih jauh karya-karya Syaikh Musyrif Asy-Syihri dalam bidang teknologi Islam, kami sampaikan sekilas biografi singkat beliau.

Mengenal Syaikh Musyrif Asy-Syihri

Syaikh Musyrif Asy-Syihri (شيخ مشرف الشهري) adalah seorang ulama asal Saudi Arabia yang mengabdikan hidupnya di jalan dakwah dan agama Islam. Beliau seorang dai yang sangat dikenal di tanah Saudi. Banyak terlibat dalam proyek-proyek kebaikan dan membuat situs-situs keislaman di antaranya: Al-Bahits Al-Ilmi, Jami’ Al-Makhtuthat Al-Islamiyyah dan Jami’ Ad-Durus Al-Ilmiyyah.

Beliau wafat pada hari Senin, 13 Desember 2021, belum jelas sakit apakah yang menyebabkan beliau wafat. Ada yang menyebutkan karena virus Corona, namu hal ini ditepis oleh keluarga dan teman sejawat, hal yang pasti adalah karena penyakit yang sudah lama berada di tubuhnya.

Jasad beliau dishalatkan hari Selasa, 14 Desember di Universitas Ar-Rajihi dan dikuburkan di Maqbarah An-Nasim.

Banyak sekali pujian, kesan dan doa kebaikan dari para ulama dan penuntut ilmu, di antara sekian doa tersebut, paling baik, lengkap dan menyentuh hati adalah dari saudara beliau Syaikh Abdurrahman Asy-Syihri, pendiri situs tafsircenter.com.

Berapa banyak orang yang tidak dikenal di dunia namun terkenal di langit. Ketika wafatnya Syaikh Mushrif, barulah kita mengetahui karya karyanya, sebagian besar penuntut ilmu menggunakannya, namun barulah mereka tahu bahwa dibaliknya hanya seseorang bernama Mushrif Ash-Sihri.

Di antara nasihat yang diberikan beliau kepada murid dan teman-temannya; ‘beramallah karena Allah dan agama Allah dengan apapun caranya, mengisi lubang yang ada, amal dalam Islam itu banyak, pilihlah mana saja yang engkau suka’.

Semoga Allah SWT memberikan pahala yang besar atas jasa-jasanya kepada Islam.

Karyanya dalam Teknologi Islami

Karya-karyanya dalam teknologi Islami khususnya kitab, makhtuthat dan audio kajian Islam.

  • Jami’ Al-Kutub yang berisi kitab-kitab ulama dalam bentuk PDF.
  • Jami’ AlDurus Al lmiyyah yang berisi rekaman kajian para ulama.
  • Jami’ Al Malhtuthat yang berisi kitab klasik para ulama.

Semua karya beliau ini sudah dikumpulkan dalam satu situs yaitu الباحث العلمي (bahith.app). Situs sebelumnya ada di Nuqayah الباحث العلمي (nuqayah.com), kemudian dibuat sendiri di bahith.app.

Berikut cara menggunakannya.

Jami’ Al-Kutub

Buka situs Bahith.app kemudian di sebelah kanan ada opsi Jami’ al-Kutub, klik kotaknya kemudian di bagian tengah ada pilihan untuk mencari kitab dengan menuliskan kata yang kita cari, misalnya saya tuliskan kata عقيدة, muncul hasilnya lebih dari 5000 kitab.

Kata yang kita cari akan nampak dalam tulisan berwarna merah, kemudian di bawahnya ada keterangan nama file dan pilihan unduh, Arsip Zip jika ingin unduh ke laptop dan Telegram jiwa ingin unduh via Telegram.

Jami’ Al Durus Al lmiyyah

Buka situs Bahith.app kemudian di bagian tengah ada opsi Jami’ al-Durus, klik kotaknya kemudian di bagian tengah ada pilihan untuk mencari kitab dengan menuliskan kata yang kita cari, misalnya saya tuliskan kata رحلة اليقين, muncul hasilnya lebih dari 5000 durus.

Di antara audio kajian yang di dapat adalah silsilah rihlatul yaqiin oleh Iyad Qunaibi. Ada tautan archive untuk menyimak kajian atau mengunduhnya.

Jami’ Al Makhtuthat

Buka situs Bahith.app kemudian di bagian paling kiri ada opsi Jami’ al-makhtuthat, klik kotaknya kemudian di bagian tengah ada pilihan untuk mencari kitab dengan menuliskan kata yang kita cari, misalnya saya tuliskan kata حدث, muncul hasilnya yang menunjukkan kode naskah, terletak dimana dan berapa jumlah naskahnya.

Maktabah Syamilah

Maktabah Syamilah dibuat juga oleh Musyrif Ash-Shihri. Jika Anda menggunakan Syamilah bertahun tahun tanpa tahu siapa dibalik aplikasi fenomenal ini maka beliau lah orangnya.

Saya cukup rutin mengikuti perkembangan Syamilah dan menuliskannya di web sederhana ini, sila rujuk artikelnya di tautan ini.

Bahits Qurani

Merupakan kebahagiaan seorang muslim jika bisa membaca dan memahami Al-Quran dengan benar berdasrarkan buku tafsir dan ilmu Al-Quran. Terkadang karena kesibukan, tidak waktu untuk bisa menghadiri kajian keislama untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Al-Quran.

Kini telah hadir software atau aplikasi Bahits Qurani dari Furqan.Co yang bisa diintall di android atau dibuka melalui lama web.

Di Android, Anda bisa mengunduh aplikasinya di tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.thedawah.furqan menuju laman unduh Bahits Qurani di Playstore.

Sudah dikembangkan juga Furqan.co berbasis web untuk kalangan pelajar Islam. Sofware ini membantu mereka mencari dan mengetahui ilmu tafsir yang terbagi menjadi dua. 

  1.  Ilmu yang berkaitan dengan tafsir ayat seperti tafsir, gharib maani,  i’rab, qiraat dan asbabun nuzul. 
  2. Ilmu yang berkaitan dengan maajim seperti mufradat alafadz alquran, judhur kalimat Alquran, dan beberapa kamus bahasa: lisanul arab, bahrul muhith dan maqayis allughah. 

Website bisa dikunjungi disini

Bahits Haditsi

Berisi kumpulan hadis-hadis yang bisa dicari secara online. Linknya bisa disimak di tautan ini. الباحث الحديثي (sunnah.one)

Di situs sunnah.one, coba Anda klik kotak persegi di sebelah kanan atas, akan nampak kumpulan situs-situs islami untuk para peneliti dan penuntut ilmu dari proyek Nuqayyah, situs-situs tersebut antara lain:

  • Bahits Qurani berisi tafsir Al-Quran dan ilmu-ilmu Al-Quran: https://tafsir.app/
  • Bahits Haditsi untuk mencari hadis-hadis Nabi, https://sunnah.one/
  • Al-Muqri untuk mendengarkan murattal secara online, https://en.muqri.com/
  • Tafsir Al-Tafa’uli, berisi kitab-kitab tafsir pilihan yang bisa dibaca atau didengarkan pembacaannya dari audio yang sudah disiapkan, https://read.tafsir.one/
  • Turath, berisi kitab kitab dari maktabah Syamilah yang bisa dibaca langsung atau unduh file. https://app.turath.io/
  • Takwin Ar Rasikhin untuk penuntut ilmu yang ingin belajar secara gradual dari yang paling bawah sampai level atas, disajikan kitab kitab yang mesti dipelajari dari berbagai cabang ilmu. https://takw.in/
  • Telegram Channel, selain situs-situs di atas, khidmah Musyrif As-Syihri juga ada lewat channel telegram yang berisi kitab dan kajian para ulama. Channel telegram tersebut telah dikumpulkan oleh akun twitter @altwwaqa di utas berikut.

Tinggalkan komentar