11 Aplikasi Belajar Al-Quran dan Tafsir dari Tafsir.Net

AHMADBINHANBAL.COM – Mudahnya akses teknologi saat ini, kita bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dari para pakar tanpa kita perlu bertemu tatap muka, kini kita bisa belajar Al-Quran dan Tafsir lewat Channel Youtube atau dari aplikasi-aplikasi Islami yang kini sudah banyak.

Menyambut Ramadan ini, saya sharing beberapa website atau aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar Al-Quran dan Tafsir yang dikembangkan oleh team dari Tafsir.Net.

Tafsir.Net adalah Pusat belajar Al-Quran atau مركز تفسير للدراسات القرآنية: Tafsir Center for Quranic Studies yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan studi Al-Quran baik dalam bidang ilmu, amal , teknologi dan informasi.

Pimpinan dari lembaga bergengsi ini adalah Syaikh Abdurrahman Ash Shehri. Beliau banyak melakukan kajian tentang tafsir dan ilmu-ilmu al Qur’an. Beliau juga memimpin beberapa pusat studi terkait al Qur’an seperti Markas Tafsir (tafsir.net) dan Pusat Studi Al Qur’an KSU (ksu.edu.sa/quranchair).

Aplikasi dari Tafsir.net bisa langsung Anda kunjungi di tautan berikut: https://tafsir.net/applications. Saya buatkan sedikit penjelasan dari tiap aplikasi ini di bawah, alhamdulillah, sebagiannya sudah pernah saya review di website ini.

ayah app

Aplikasi Ayat

Ayah App mendapatkan anugerah App Al-Quran terbaik di Timur Tengah. 

Aplikasi ini dibuat oleh Markaz At-Tafsir yang bergerak dalan mendalami ilmu seputar tafsir dan Alquran. Maka dalam App ini disertakan tafsir dari kitab Al-Mukhtashar fi Tafsiiril Quran yang dibuat oleh Markaz Tafsir. 

Dalam keterangannya yang dimuat dalam aplikasi ini, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin  Muhammad Alu Syaikh Mufti kerajaan Saudi dan ketua Majelis Ulama memberikan apresiasi atas kitab Mukhtahar ini yang ditulis oleh para ulama dengan bahasa yang mudah, metode yang benar dan sesuai dengan pandangan ahli Quran. 

Selain itu tafsiran ini disertai dengan penjelasan singkat setiap surat, makna setiap ayat dan menjelaskan makna gharib Al-Quran dengan penjelasan yang mudah. 

Jika anda mencari Books & Reference App untuk perangkat android, maka Anda hanya harus mencoba aplikasi ini. Ini adalah salah satu Books & Reference App paling bagus untuk Android, yang dapat Anda gunakan.

 Anda juga dapat melihat apa yang pengguna mengatakan tentang aplikasi ini review toko google play. Saya telah mencoba aplikasi ini dan menemukan aplikasi ini sangat membantu. Desain dari aplikasi ini bagus, dengan font asli Utsmani. 

Review kami sebelumnya bisa dibaca di tautan ini. Ayah-Aplikasi Membaca Al-Quran di Android Dari Tafsir Centre

Aplikasi Al-Kasyaf

Aplikasi Al-Kasyaf

Aplikasi yang dirancang untuk menjadi acuan bagi mahasiswa untuk mengakses informasi yang terdokumentasi dengan mudah dan menikmati banyak keuntungan dan layanan penting bagi mahasiswa dan peneliti, karena aplikasi ini mencakup lebih dari 50 buku dan lebih dari 490 jilid dalam lebih dari 200 ribu halaman untuk sejumlah besar penjelasan makna Alquran, dan memungkinkan untuk mencari secara ilmiah untuk memudahkan mahasiswa mengakses informasi yang terdokumentasi.

Unduh

surah app

Aplikasi Mushaf Surah

Surah App dari Tafsir Center dan diketuai oleh Abdurrahman Asy-Syihri.

Kelebihan yang bisa digunakan di Surah App adalah:

  • Membantu memahami makna Al-Qur’an melalui kumpulan konten ilmiah yang diaudit dan terpercaya, di bawah pengawasan tim Peneliti Al-Qur’an dari Tafsir Center dengan memilih berdasarkan ayat, halaman dan surat tertentu untuk kemudian dieksplorasi, baik tafsir, nama-nama surat, makiyyah dan madaniyah, shahih sebab turun ayat, i’rah setiap kalimat, shahih fadhilah surat dan lainnya berdasarkan sumber yang sahih dan akurat.
  • Halaman Al-Quran yang jelas dan layar penuh serta nyaman untuk membaca.
  • Muncul informasi seputar ayat atau surat di bagian atas layar yang membaca pengguna mendapatkan tambahan ilmu saat membaca.
  • Bisa memperbesar layar Al-Quran.
  • Menggunakan 4 macan bahasa
  • Kita bisa menulis komentar pada kata atau ayat Al-Quran, kemudian menyimpan atau mengeditnya.
  • Bisa berbagi Ayah sebagai gambar atau teks, dengan atau tanpa harakat.
  • Bisa fokus pada satu kata kemudian mencari tahu maknanya dengan mudah. Contoh praktiknya: link
  • Bisa mengi’rab setiap kalimat dan huruf dalam Al-Quran dengan i’rab yang mudah dan rinci dan ada pilihan mencari i’rab yang paling benar. Contoh praktik: Link

Review sebelumnya bisa dibaca di tautan ini Surah App: Aplikasi Al-Quran di Android Dari Tafsir Center.

Dan videonya di bawah ini

Aplikasi Saalim

Aplikasi Saalim

Aplikasi Saalim adalah aplikasi yang bisa dijalankan di hand phone pintar untuk sarana belajar anak-anak berumur 4-8 tahun.

Huruf dan kalimat bahasa Arab diucapkan menggunakan metode Al-Baghdadi), melafalkan Surat Al-Fatihah dengan mandiri tanpa guru, dengan gaya naratif yang menyenangkan dan menggunakan koreksi otomatis untuk membaca melalui teknik kecerdasan buatan terbaru untuk pengenalan suara (Speech Recognition).

Aplikasi ini dibuat dalam cerita tentang seorang pahlawan bernama “Salem”, seorang pahlawan yang memiliki semangat tinggi, cerdas dan sopan santun, dia membantu teman-temannya untuk mengembalikan “kotak cahaya” yang dicuri oleh sekelompok makhluk jahat dan menerbangkan mereka ke hutan, sehingga mereka dalam perjalanan yang penuh kegembiraan dan ketegangan untuk mengembalikan kotak-kotak cahaya itu.

Aplikasi Salem memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Berbagai permainan.
  • Tingkat kesulitan.
  • Tutorial yang menarik.
  • Animasi profesional dan menyenangkan.
  • Pembelajaran mudah dalam berbagai keadaan, lingkungan, dan waktu.
  • Gratis menghemat tenaga, waktu dan uang untuk keluarga, anak-anak dan guru sekolah dasar.

Unduh

ghreeb

Aplikasi Ghaarib

Aplikasi “Gharib” untuk mempelajari makna Alquran dengan cara yang menarik dan cocok untuk segala usia. Aplikasi Gharib memungkinkan untuk belajar melalui lebih dari enam ribu pertanyaan untuk seluruh surah Alquran yang didistribusikan selama lebih dari enam ratus tahap, dan siswa dapat menguji pengetahuannya setiap kali ia menyelesaikan bagian dari bagian-bagian Alquran.

Aplikasi Ghareeb memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Lebih dari 6000 pertanyaan tentang makna Alquran.
  • Ada peringatan dan pengingat harian untuk mempelajari arti kata-kata baru setiap hari.
  • Laporan dan prestasi.
  • Ada poin insentif dan hadiah.
  • Surat keterangan lulus yang disetujui oleh Pusat Tafsir diterbitkan secara otomatis setelah menyelesaikan sebagian atau seluruh Alquran.
  • Klip video pendek lebih dari 200 episode yang menjelaskan makna Alquran, disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Rahman bin Maadah Al-Shehri. (Podcast Kaaf oleh Prof. Al-Sehri bisa dilihat di link ini)

Unduh

Aplikasi Mausu'ah Tafsir Maudhu'i

Aplikasi Mausu’ah Tafsir Maudhu’i

Sebuah aplikasi yang mengumpulkan ensiklopedia penafsiran objektif dari Al-Qur’an yang telah diterbitkan dalam 36 volume, dan menampilkan 365 topik Al-Qur’an yang ditangani oleh ahli tafsir, dan memiliki beberapa karakteristik yang memungkinkan para peneliti dan cendekiawan untuk mengakses salah satu dari mereka dengan mudah dan mudah.

  • Mteri disusun dalam tiga cara: berdasarkan volume, huruf, tema utama.
  • Memungkinkan untuk mencari ayat-ayat, daftar sumber dan referensi untuk ensiklopedia.
  • Memungkinkan Anda untuk menelusuri topik ensiklopedia dengan cara: e-book, presentasi teks.
  • Menyediakan layanan interaktif: seperti berbagi, mengunduh, berkomentar, mencetak, dan mem-bookmark topik.

Link:

bayyenat

Aplikasi Bayyinat

Aplikasi Baynat adalah aplikasi program Alquran selama bulan Ramadhan yang disajikan selama 10 musim, yang mengulas petunjuk, kebaikan, manfaat dan refleksi dari Kitab Allah SWT, disajikan dengan cara yang disederhanakan dan dapat diakses, disiapkan dan disajikan oleh tiga spesialis paling terkenal dalam Alquran dan ilmu-ilmunya:

  1. Prof. Dr. Abdurrhman Al-Sehri
  2. Dr. Musaid bin Sulaiman Ath-Thayyar
  3. Dr. Muhammad bin Abdul Aziz Al-Khudhairi.

Unduh

Selain aplikasi Al-Quran dan Tafsir dari Tafsir.Net, saya sertakan juga aplikasi lain yang bisa digunakan untuk lebih mendekat ke Al-Quran dan Tafsirnya selama bulan Ramadan ini.

mobdi

Aplikasi Al-Jami’ At-Tarikihi Li Tafsiril Quran

Saya telah membuat review dari aplikasi ini.

Sila simak di video berikut

Bahits Qurani

Bahits Qurani

Merupakan kebahagiaan seorang muslim jika bisa membaca dan memahami Al-Quran dengan benar berdasrarkan buku tafsir dan ilmu Al-Quran. Terkadang karena kesibukan, tidak waktu untuk bisa menghadiri kajian keislama untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Al-Quran.

Kini telah hadir software atau aplikasi Bahits Qurani dari Furqan.Co yang bisa diintall di android atau dibuka melalui lama web.

Di Android, Anda bisa mengunduh aplikasinya di tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.thedawah.furqan menuju laman unduh Bahits Qurani di Playstore.

Kelebihan Bahits Qurani

  1. Membantu mencari ayat dalam Al-Quran.
  2. Membantu mencari tafsir dari ayat Al-Quran.
  3. Mushaf elektronik yang bisa di zoom dan zoom out
  4. Mendengarkan mp3 para qurra’ terkenal
  5. Mencari hadis dan penjelasannya
  6. Ensiklopedi tafsir dan ilmu Al-Quran terbesar dengan cara pencarian yang mudah
  7. Membantu kajian ilmu Al-Quran dan tafsir dengan banyaknya resource buku.

Altadabbur.com

Website ini bisa dikunjungi di alamat berikut: altadabbur.com

Tadars.com

Website ini bisa dikunjungi di alamat: https://tadars.com/1/1

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *