Arabic Word Slider, Game Rangkai Kata Bahasa Arab

Thaha Zaruqi yang mengembangkan software dan aplikasi khusus Bahasa Arab yang beberapa karyanya sudah saya tulis di blog seperti Quthrub, Sarf dan Ar-Radiif, kini dia juga membuat aplikasi game untuk belajar bahasa Arab. Cocok untuk anak pesantren atau siapa saja yang sedang belajar bahasa Arab.

Wordslider adalah game yang dapat menstimulasi kemampuan berpikir secara taktis dan kreatif menghadapi masalah, permainan ini mendorong pemain untuk mencari kata-kata yang tersembunyi di antara huruf-huruf yang tersusun secara acak dan memindahkan kotak-kotak tersebut untuk menyusun kata yang sudah ditentukan batas waktunya.

Aplikasi yang dia buat dinamanakan الكلمة المنزلقة atau dikenal dengan WordSlide atau Rangkai Kata dalam bahasa Indonesia. Awalnya Thaha mencari aplikasi game untuk belajar bahasa dan mencoba meng-Arabkan dari aplikasi Wordslider yang dibuat Duncan Gough, karena tidak mendapatkan open source-nya, dia menghubungi langsung Duncan dan menyampaikan niatnya untuk meng-Arabkan WordSlide dan disambut sangat baik oleh Duncan.

Unduh sofware di Windows

Tampilan WordSlide

Tampilan awal setelah saya unduh aplikasi dan instal di windows.

Dibagian kanan terdapat kata-kata berwarna kuning yang harus disusun, jika sesuai maka hasilnya ditampilkan berwarna merah.

Kosa kata bisa lurus atau mendatar

لعبة كلمات منزلقة Arabic WordSlider

Percobaan awal saya kurang baik, saya diperingkat 10 dan mendapat nilai zero.

Sila teman-teman unduh dan mainkan WordSlider sekalian belajar kosa kata bahasa Arab.

Tinggalkan komentar