Cara Mudah Mendapatkan Pembayaran dari Google Adsense

Google AdSense adalah program periklanan milik mesin pencari Google. Google AdSense sangat populer digunakan di seluruh dunia untuk menghasilkan uang melalui blog, website, aplikasi maupun video youtube.

Saya pribadi mengikuti program Google AdSense sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog yang saya niatkan untuk membiayai domain dan hosting web ini.

Di tulisan sebelumnya saya telah menuliskan pengalaman mendapatkan PIN Google Adsense dari kantor pos wilayah Depok. Pada artikel ini saya akan meneruskan pembahasan setelah berhasil memasukkan PIN Adsense yaitu cara setting pembayaran dari Google Adsense berdasarkan pengalaman saya.

Ada beberapa cara untuk mencairkan dana yang sudah kita hasilkan melalui Google Adsense, dari sekian cara yang ada, saya akan sharing pengalaman menggunakan Wire Transfer/Transfer Kawat atau via Transfer ke Rekening.

Wire Tanfsfer/Transfer kawat/Transfer Rekening adalah metode pembayaran yang terbilang paling mudah karena Anda tidak perlu mengambil uang secara cash karena metode pembayaran ini langsung dikirim ke rekening bank Anda.

Jadi Anda hanya perlu mengecek melalui internet banking dan sms banking. Mencairkan dana melalui cara Wire Transfer ini tentu lebih aman dibanding dengan Western Union karena langsung ke rekening bank dan tidak membawa uang cash kemana-mana.

Berikut langkah-langkah mendaftarkan Wire Transfer sebagai metode penerimaan pembayaran dari Google AdSense:

  • Masuk ke akun AdSense.
  • Kilk menu navigasi di bagian kiri, klik Setelan atau Settings.
  • Klik Pembayaran atau Payments > Info Pembayaran
  • Klik Tambahkan metode pembayaran.
  • Pilih tombol radio untuk “Transfer kawat ke rekening bank” dan klik Lanjutkan.
  • Masukkan informasi rekening bank Anda dan klik Konfirmasi dan lanjutkan.

Saat menambahkan informasi rekening bank, masukkan detail persis seperti yang muncul pada catatan bank Anda dan informasi yang dibutuhkan saat mengisi informasi rekening adalah :

Nama pemegang rekening bank : Jumal Ahmad
Kode bank : BANK XXXX (harus berada di Indonesia dan dalam mata uang Rupiah)
Nomor rekening : 1234567890

Laman Metode Pembayaran di Google Adsense

Setelah hal diatas selesai Anda lakukan, Google akan melakukan verifikasi akun bank Anda yang biasanya dikirim setelah 1 hari sampai 10 hari, kasus saya hanya 2 hari saja. Kode verifikasi tersebut berupa jumlah kecil uang dikirim ke rekening Anda dan hanya terdiri 3 digit misal 500 (Rp. 100 sampai Rp. 999).

Perlu diingat bahwa saat membuka pertama verifikasi akun bank, jangan sembarangan memasukkan angka sebelum Anda mendapatkan kiriman uang 3 digit di rekening karena kita hanya mendapatkan 3 kali kesempatan memasukkan kode verifikasi akun bank.

Anda bisa mengecek kode verifikasi tersebut pada mutasi rekening bank Anda. Jika Anda sudah menerima kode tersebut dari Google, silahkan untuk masuk ke akun AdSense Anda dan lakukan verifikasi dengan memasukkan 3 digit nomor tersebut dan klik tombol Verify atau Verifikasi.

Setelah proses verifikasi diatas selesai, maka saat pembayaran tiba dan sudah mencapai batas pembayaran yaitu IDR 1.300.000 maka Anda akan menerima pembayaran otomatis yang akan dikirim langsung ke rekening bank lokal Anda.

Pembayaran melalui Wire transfer atau ke rekening bank ini biasanya memang lebih lambat sedikit 1-3 hari (tergantung pihak bank) dibanding dengan Western Union yang lebih cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah sedia mengunjungi blog sederhana ini.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID