Maktabah Syamilah Terbaru 1444 H (Syamilah Terakhir)

AHMADBINHANBAL.COM – Al-Maktaba al-Shamila adalah perangkat lunak (software) gratis yang bertujuan untuk menyediakan lingkungan penelitian digital bagi para sarjana Islam yang dilengkapi dengan banyak koleksi sumber primer Arab dan teks sekunder. 

Maktabah Syamilah muncul pertama kali dengan nama al-Mawsuʿa al-Shamila (‘Ensiklopedia komprehensif’). Muassasah al-Maktabah asy-Syamilah mulai mengembangkan perpustakaan digital Maktabah Syamilah ini pada bulan April 2005 dan terus diupdate hingga sekarang, versi Maktabah Syamilah 1444 H ini disebut yang terbaru dan yang terakhir.

Pembuat program ini adalah anggota dari forum Ahl al-Hadits yang mengenalkan dirinya dengan nama Nafiʿ (nama lainnya al-akh Nafiʿ, ‘Brother Nafiʿ’, atau duktur/al-ustadh Nafiʿ, ‘Dr/Prof. Nāfiʿ’). (Baca sejarah Maktabah Syamilah)

Tentang Maktabah Syamilah

Maktabah Syamilah dapat berfungsi pada sistem operasi Windows 7 ke atas dan diisi dengan data kitab yang dikeluarkan oleh shamela.ws. Proses update dan download kitab (atTarqiyyah) akan berjalan di dalam aplikasi Maktabah Syamilah yang telah terinstal dan dilakukan secara langsung.

Perpustakaan digital Maktabah Syamilah versi 1444 H memiliki jumlah kitab: 7.533 kitab dengan berbagai tema-tema kajian Islam seperti Kitab Akidah, Kitab Firaq wa Adyan wa Rudud, Kitab Tafsir, Kitab Ilmu Al-Quran dan Ushul Tafsir, Kitab Tajwid dan Qiraat, Kutub Sunnah/kitab hadits, Kitab Ilmu Hadits, Kitab Ushul Fikih, Kitab Qawaid Fiqhiyyah, Kitab Ilmu Mantiq, Kitab Fikih 4 Mazhab dan lainnya.

Proses pengumpulan kitab terus dilakukan dengan penambahan kitab baru serta revisi dan ulasan buku, namun hanya untuk versi Maktabah Syamilah 1444 H ini dan bukan untuk versi lama (4 ke bawah)

Maka bagi Anda yang menggunakan Maktabah Syamilah versi 4 kebawah, hendaknya membaca panduan ini.

Instal Maktabah Syamilah 1444 H

Saya berikan dua cara instal maktabah syamilah, 1) untuk Anda yang di laptop/PC-nya tidak ada Maktabah Syamilah dan 2) untuk Anda yang di laptop/PC-nya ada Maktabah Syamilah 4.0 ke bawah.

Cara Instal Maktabah Syamilah 1444 H yang di laptop/PC-nya tidak ada Maktabah Syamilah

Tahap Pertama: Menyiapkan device

Pastikan sistem operasi (OS) laptop atau PC Anda minimal windows 7. Pastikan laptop atau PC Anda sudah siap untuk membaca teks arab (Arabic Language). [baca panduannya]

Tahap Kedua: Download File dan Instal Software Maktabah Syamilah

Ada dua file yang dapat Anda download. Anda cukup pilih salah satu saja sesuai kemampuan dalam proses download. [link unduh ada di paling bawah artikel]

File pertama adalah link download software Maktabah Syamilah yang belum ada kitabnya (file installer). File ini besarnya kurang lebih 160 Mb dan file kedua adalah software Maktabah Syamilah yang telah berisi kitab. File ini besarnya kurang lebih 11 Gb.

Klik download.

Setelah selesai, file berbentuk ISO dengan nama shamela 1441.1. Sebelum diekstrak, siapkan folder dengan nama yang sama yaitu shamela 1441.1. Lalu ekstrak menggunakan Winrar ke folder tadi.

Lalu double klik file shamela.exe. dan pilih dimana Syamilah akan diinstal, saya sarankan selain file sistem (Disk C). Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Cara Instal Maktabah Syamilah 1444 H yang di laptop/PC-nya ada Maktabah Syamilah versi 4.0 ke bawah

Jika menggunakan Maktabah Syamileh versi 4.0, Anda tidak akan bisa update dari versi ini ke versi 1444 H, Anda harus install dari awal. Sebelum instal aplikasi, Anda bisa memindahkan folder PDF dan catatan atau komentar (Ta’liqaat) yang Anda buat ke folder di luar aplikasi Syamilah 4.0 untuk nanti dimasukkan kembali ke folder aplikasi Syamilah 1444 H, sehingga Anda tidak perlu unduh file pdf lagi.

  • تصدير التعليقات bisa Anda klik untuk melihat apakah ada catatan yang pernah Anda buat di Syamilah, jika tidak ada, bisa dihiraukan.
  • مجلد المصورات atau file buku Pdf, di Syamilah 4.0 menyediakan kita untuk bisa unduh kitab Syamilah atau Pdf-nya, ketika saya coba klik, diarahkan ke folder Syamilah yang mengumpulkan file pdf download. Anda bisa memindahkan folder ini dari luar Syamilah saat ini untuk nanti dimasukkan ke folder Syamilah 1444, dan nanti tidak perlu unduh kitab lagi.

Penjelasan lengkapnya bisa Anda lihat di video ini: https://www.youtube.com/watch?v=MR1qu91C6KM.

Apa yang Baru dari Maktabah Syamilah 1444 H

Metode Pencarian

  • Tidak muncul lagi tulisan di awal ketika membuka Maktabah Syamilah.
  • Jika Anda menulis di kolom pencarian misal: يمشون, akan muncul juga kata tashrifnya seperti الماشي, يمشي, الماشية yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa mencari dalam bentuk kalimat, misal Anda menulis: هدانا صراطه, akan muncul saran tulisan: اهدنا الصراط, ولهديناهم صراطا dan هداهم للصراط
  • Bisa mencari kitab dalam kurun waktu tertentu dengan menuliskan kolom pencarian من dan إلى berdasarkn tahun atau kurun.

Update Kitab

  • Update kitab berisi semua buku yang dikeluarkan Syamilah hingga saat ini.
  • Kitab di Syamilah berbentuk format Syamela (.bok), word, pdf dan lainnya, siapa yang ingin filenya dimasukkan ke update Syamilah agar mengirimkan ke email programmer agar tidak ada file berbilang dan berbeda-beda.
  • Menambahkan buku baru, serta merevisi dan meninjau buku, hanya ada untuk versi 4.0 ke bawah dan tidak untuk versi yang saat ini.
  • Opsi untuk membandingkan tafsir (muqaranah), takhrij hadis dan tarajim (biografi ulama) akan disajikan lebih akurat setelah ditinjau nanti.
  • Untuk update kitab, buka aplikasi yang telah terinstal, klik tombol pojok kiri atas. Warna merah dengan angka menunjukkan jumlah kitab yang bisa Anda unduh, sedangkan warna hijau menunjukkan semua file di Syamilah sudah terunduh.
  • Anda tetap dapat menggunakan software Syamilah meskipun sedang proses update kitab. Cukup tutup tampilan dasboard update kitab, dan silakan gunakan fungsi lainnya.

Lauhah Al-Tahakkum/ Laman Pengaturan

  • Memungkinkan untuk menghapus kitab atau beberapa kitab sepenuhnya dari Maktabah Syamilah atau hanya menghapus versi pdf-nya.
  • Anda bisa melihat jenis kitab apakah bentuknya kitab atau majalah dan manakah yang berbentuk makhtutah, naskah penelitian (rasail jamiyyah), file elektronik atau dari file mp3.
  • Ada beberapa keterangan icon yang bisa digunakan ketika mencari kitab yaitu: التصنيف berisi pembagian kitab berdasarkan rumpun keilmuan, misalnya aqidah, ilmu hadis, tarajim wath thabaqat. Misalnya pada rumpun Aqidah di Syamilah kita sudah ada 10 kitab, di rumpun Ilmu hadis sudah ada 25 kitab, akan bertambah sesuai jumlah kitab yang kita unduh. الكتب berisi semua daftar kitab yang kita unduh di Syamilah. المؤلفون berisi daftar nama pengarang, keterangan wafat dan jumlah kitabnya. dan مؤخر kitab yang terakhir kita unduh.
  • Di bagian kiri ada kontrol المفضلة atau kontrol favorit yang bisa Anda buat seperti perpustakaan sendiri. Anda dapat meletakkan buku di favorit Anda di lebih dari satu folder. Saat mencari, Anda dapat memilih folder dari favorit Anda di bawah kolom pencarian.
  • Di bagian kontrol ini Anda bisa membuat folder, menambahkan buku dan mengganti nama buku dengan nama lainnya, misal dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, serta Anda juga bisa mengubah urutan folder atau membuat sub foldernya.
Lauhah Al-Tahakkum -Maktabah Syamilah 1444 H

Cara menggunakan Maktabah Syamilah

Bagi pengguna Maktabah Syamilah versi lama, tentunya telah tahu cara menggunakan software Digital Library ini. Namun, pada versi terbaru 2021 dan 2023 ini, ada banyak perubahan tampilan.

Syarat pertama agar Anda tidak kebingungan ketika menggunakan software ini adalah Anda harus paham bahasa Arab. Setelah itu, silakan pelajari setiap fungsi yang terdapat dalam software perpustakaan digital ini.

Berikut ini beberapa fungsi utama Maktabah Syamilah:

  • Memilih kitab (اختر كتابا). Fungsi ini terdapat pada ikon gambar buku terbuka.
  • Membuka al-Quran (القرآن الكريم). Fungsi ini terdapat pada ikon gambar al-Quran.
  • Pencarian (بحث). Mencari penggalan teks yang terdapat dalam sejumlah kitab yang dipilih. Fungsi ini terdapat pada ikon gambar kaca pembesar.
  • لوحة التحكم, menyediakan beberapa pengaturan seperti menghapus kitab atau beberapa kitab sepenuhnya dari Maktabah Syamilah atau hanya menghapus versi pdf-nya. Dan membuat folder untuk perpustakaan sendiri.
  • بيانات الكتب والمؤلفين, fungsi yang menjelaskan keterangan kitab dan penulisnya.
  • عمليات البحث المحفوظة. Fungsi untuk mengatur dan mengetahui pencarian sebelumnya. pada versi 4.0 menu ini tidak ada, penulis temukan di versi awal Syamilah.
  • Pengaturan (الخيارات). Fungsi untuk melakukan pengaturan, pada versi 4.0 menu ini tidak ada, penulis temukan di versi awal Syamilah.
  • Update kitab (تحميل كتاب). Fungsi ini terdapat pada ikon gambar logo ceklist berwarna hijau (atau merah jika ada kitab yang perlu diupdate).

Mencari kitab di Maktabah Syamilah

  • Buka menu اختر كتابا.
  • Pilih menu الكتب yang berada di bawah menu التصنيف.
  • Ketikkan nama kitab yang ingin Anda cari di kolom pencarian yang tersedia. Jika kitab yang Anda cari sudah ada di database Maktabah Syamilah, insyaallah akan muncul.

Cari teks dalam kitab di Maktabah Syamilah

  • Pilih menu بحث
  • Tentukan tema yang akan menjadi batasan pencarian.
  • Tentukan kitab apa saja yang akan menjadi batasan pencarian.
  • Di sebelah kanan, di atas daftar isi kitab, klik tanda teropong dan ketikkan kata kunci teks yang ingin Anda cari di kolom pencarian yang tersedia. Boleh tanpa harakat.
  • Jika tidak muncul hasil pencariannya, kemungkinan kata kunci yang Anda ketikkan ada yang keliru penulisannya atau memang kata kunci itu benar-benar tidak ada di dalam semua kitab yang ada tentukan batasan pencariannya tadi.

Mencari hadis di Maktabah Syamilah

  • Pilih menu بحث
  • Pilih kelompok tema كتب السنة
  • Pilih kitab-kitab hadits yang akan menjadi pembatasan pencarian.
  • Ketikkan kata kunci teks hadits yang ingin Anda cari di kolom pencarian.
  • Klik ikon بحث yang bergambar teropong.
  • Jika tidak muncul hasil pencariannya, kemungkinan kata kunci yang Anda ketikkan ada yang keliru penulisannya atau memang kata hadits yang Anda cari tidak terdapat dalam kitab yang Anda tentukan batasan pencariannya tadi.

Cara takhrij hadis dengan Maktabah Syamilah

Takhrij hadits adalah proses mengeluarkan identitas sebuah hadits mulai dari teks matan, seluruh jalur periwayatan, hingga status derajat hadits dari kitab-kitab hadits yang utama.

Tujuan utama takhrij hadits adalah mengetahui status derajat hadits; apakah hadits yang sedang ditakhrij derajatnya maqbul, diterima, sehingga bisa diamalkan dan dijadikan hujjah, ataukah mardud, tertolak, sehingga tidak bisa diamalkan dan dijadikan hujjah.

Di dalam lingkungan akademik, praktek takhrij hadits telah menjadi bagian dari mata kuliah di beberapa fakultas seperti fakultas syariah, dan lainnya.

Ada banyak metode takhrij hadits. Salah satu metode terkini dalam takhrij hadits adalah dengan metode takhrij hadits digital. Takhrij hadits dengan menggunakan perpustakaan digital.

Berikut cara takhrij hadits dengan Maktabah Syamilah

Tahap 1

  • Buka software Maktabah Syamilah.
  • Pilih menu pencarian (بحث).
  • Pilih kelompok tema كتب السنة. Lalu pilih semua kitab hadits yang muncul di kolom sebelah kiri. Cara memilih semua kitab: klik salah satu kitab dalam kolom, lalu tekan Ctrl + A. Setelah itu pilih opsi اختيار الكتب المحددة yang terdapat di bawah kolom daftar kitab.
  • Setelah memilih seluruh kitab hadits, ketikkan kata kunci hadits yang ingin ditakhrij di dalam kolom pencarian. Pastikan tulisannya tidak keliru. Boleh tanpa harakat. Setelah itu klik ikon بحث yang bergambar teropong.
  • Contoh hadis yang ditakhrij: أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ
  • Sekarang Anda di hadapkan pada data hasil pencarian.
  • Setelah itu tugas Anda mencatat teks hadits, nama perawi hadits, terjemah, nomor hadits, nama bab hadits, nama kitab hadits, dan nama penulis kitab haditsnya.
  • Berdasarkan hasil pencarian, kita dapatkan Hadis tersebut adalah hadis sahih riwayat Muslim dalam al-Jami’ al-Sahih No.1111. Selain Muslim, hadis tersebut juga diriwayatkan oleh Ahmad dalam al-Musnad No.9461; Abu Dawud dalam al-Sunan No.875; al-Nasai dalam al-Sunan No.1137

Pada tahap ini, Takhrij hadis yang dilakukan adalah Mengetahui jumlah hasil pencarian hadis yang sama atau mirip, beserta jumlah kitabnya, dengan memasukkan kata kunci yang relevan.

Jika ingin lebih detail lagi, masuk ke tahap 2.

Tahap 2

Takhrij pada tahap ini adalah:

  • Memilih salah satu hadis, dalam kitab kumpulan hadis tertentu, untuk ditelaah, dengan sistematika hadis yang lengkap (matan beserta sanad utuhnya).
  • Mengetahui biografi para perawi dalam sanad yang dipilih, memastikan ketersambungan sanad (ittishal al-sanad) dan status dari masing-masing rawi.

Proses ini kini bisa dibantu dengan Maktabah Syamilah terbaru yang sudah ada penambahan untuk bisa mentakhrij hadis, membedakan para rawi, dan pohon sanadnya.

  • Dari Tahap 1, pilih salah satu kitab hadis, misal al-Jami’ al-Sahih. Untuk mencari hadisnya, klik tanda teropong di sebelah kanan dan tuliskan hadisnya.
  • Klik tombol berbentuk badan dan kepala manusia untuk mengetahui biografi (tarajim) dari perawi.
  • Klik tanda diagram cabang untuk mengetahui pohon sanadnya.
  • Keterangan Takhrif hadis bisa Anda lihat di [Video Tutorial].

Untuk mengetahui biografi (tarajim) dari perawi hadis, Anda juga bisa menggunakan aplikasi HadithTransmitters dari Hawramani.Com [klik linknya].

Solusi Jika Maktabah Syamilah tidak Terbaca di Windows 10

Kasus yang sering terjadi adalah soal keterbacaan teks. Setelah berhasil instal aplikasi kitab kuning ini, banyak yang mengeluh Maktabah Syamilah tidak terbaca di windows 10. Jika Anda telah menyiapkan laptop atau PC agar dapat membaca teks Arab sebelum proses instalasi, insyaallah masalah ini tidak terjadi.

Namun jika Anda belum sempat menyiapkannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel.
  • Lalu klik menu Clock and Region.
  • Muncul menu Date and Time dan Region. Pilih Region.
  • Pada Bar pilihan bagian atas tampilan yang muncul, pilih Administrative.
  • Muncul dua opsi setting. Klik tombol Change system locale pada opsi Language for non-Unicode programs.
  • Pada kolom Current system locale, pilih bahasa Arabic (Saudi Arabia). Lalu tekan OK.
  • Klik Apply. Pada tahap ini, sistem minta restart. Ikuti saja. Jika tidak, buka kembali aplikasi Maktabah Syamilah.

[Link Tutorial]

DOWNLOAD MAKTABAH SYAMILAH 1444 H

  1. Versi Tanpa Kitab (160 MB): KLIK DISINI
  2. Versi Lengkap dengan Kitab (11 GB): KLIK DISINI
Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID