Cara Mengatasi “Run Time error 53 File not found” Saat Instal Shamilah versi 4

Pertanyaan:

Abdu: Bagaimana solusi error ini Shamilah versi 4 muncul window box: Shamilah Install Run-Time error ’53’: File not found

Jawaban:

Pesan kesalahan “Run-Time error ’53’: File not found” terjadi ketika program mencoba menggunakan file dynamic link library (DLL) yang telah dihapus atau tidak terinstal dengan benar. Beberapa penyebab umum dari error ini adalah miskonfigurasi pada file sistem, file sistem yang korup, konflik dengan aplikasi pihak ketiga, masalah memori, konflik dengan antivirus, Microsoft Visual C++ Runtime Library yang korup, atau masalah pada driver grafis ¹.

Untuk mengatasi error ini, Anda dapat mencoba beberapa solusi berikut:

1.Matikan program TSR

Runtime error bisa terjadi karena ada konflik dengan program dari pihak ketiga (third party) dan TSR.

TSR merupakan singkatan dari Terminate and Stay Resident, yang merupakan sekumpulan program yang diload ke dalam memori pada saat startup dan akan menjadi aktif ketika dibutuhkan.

Ketika terjadi konflik antara aplikasi pihak ketiga dan TSR dengan Microsoft Visual C++ Runtime Library maka muncullah pesan Runtime error.

Untuk mengatasinya, kita harus coba mematikan TSR dan program lain yang dimuat pada startup dan melihat mana yang menjadi penyebab munculnya error.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka task manager (CTRL+Shift+Esc)

  1. Masuk ke tab Startup
  2. Disable semua TSR dan program startup
  3. Restart komputer
  4. Setelah komputer kembali menyala, coba cek apakah runtime error sudah hilang.
  5. Jika runtime error sudah hilang maka kalian bisa mengaktifkan kembali satu per satu TSR dan program startup yang tadi di-disable.
  6. Cek TSR atau program startup mana yang menjadi penyebab error.
  7. Disable program tersebut secara permanen.

2.Uninstall dan install ulang aplikasi yang menyebabkan error ini.

Setelah melakukan tips pertama di atas kita mungkin akan mengetahui program mana yang menjadi penyebab Runtime error di Windows yang kita pakai. Untuk menghindari error agar tidak muncul lagi maka lebih baik program tersebut kita uninstall.

Cara lain untuk mengetahui apakah ada program yang konflik dengan Runtime library dan menyebabkan error adalah dengan mencoba uninstall program yang terakhir kali kita install yaitu Syamilah 4

3. Matikan antivirus

Cara mengatasi Runtime error di Windows yang selanjutnya adalah dengan mematikan antivirus. Beberapa kasus Runtime error dapat terjadi karena bentrok dengan antivirus. Jika di Windows kalian ada antivirus pihak ketiga yang aktif, coba dulu dimatikan. Lihat apakah Runtime error masih muncul. Jika ternyata error tidak muncul lagi maka bisa disimpulkan kalau penyebabnya adalah karena bentrok dengan antivirus.

Ketika instal Syamilah disarankan mematikan antivirus agar proses instal berjalan lancar.

Disarikan dari berbagai sumber.

Tautan pertanyaan.

Tutorial Maktabah Syamilah versi 04

Sila simak video tutorial kami lainnya di youtube.

Share your love
Jumal Ahmad
Jumal Ahmad

Jumal Ahmad Ibnu Hanbal menyelesaikan pendidikan sarjana pada jurusan Pendidikan Agama Islam dan Magister Pengkajian Islam di SPS UIN Jakarta. Aktif di lembaga Islamic Character Development dan Aksi Peduli Bangsa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID