Panduan Setting Bahasa Arab di Windows 7 dan 10 Untuk Maktabah Syamilah

syamilah versi 3.48

Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu untuk pembaca semua khususnya pengguna Maktabah Syamilah, pustaka islam yang kehadirannya sangat membantu umat Islam dalam mempelajari dan memahami islam lewat buku-buku para ulama dari zaman salaf as-shalih sampai zaman sekarang. Maktabah Syamilah adalah sebuah aplikasi Islam di dalamnya memuat puluhan bahkan ribuan kitab langsung dari Arab di mana versi ini menyediakan dalam bentuk digital yang sama persis dengan kitab aslinya. Kabar gembiranya kitab ini gratis dan dapat langsung diunduh dengan mengunjungi alamat http://shamela.ws/index.php/page/download-shamela. Sampai tanggal 5 Mei 2012 syamilah telah merilis versi ketiga 3.48.

Beberapa waktu yang lalu saya punya pengalaman, setelah meng-copy atau meng-upgrade Maktabah Syamilah terkadang menu-menu pada Maktabah Syamilah hurufnya kotak-kotak yang aneh mirip seperti tulisan Thailand bahkan tulisan arabnya juga ikut berubah, keadaan seperti ini bisa terjadi karena settingan Bahasa Unicode pada PC atau Laptop anda belum diubah, meskipun PC atau Laptop anda bisa digunakan untuk mengetik Bahasa Arab.

Berikut ini cara mensetting Bahasa Unicode di Windows XP dan Windows 7

Cara Setting Bahasa Arab Unicode di Windows XP

Untuk settingan di win xp, ketika sampai di tampilan REGIONAL AND LANGUAGE OPTIONS: terlebih dahulu pilih LANGUAGES, langsung memilih opsi ADVANCED, Lalu beri tanda centang pada pilihan pertama (yg tertulis : install files for complexs script and right to left languages (including Thai), setelah dicentang muncul tampilan INSTALL SUPLEMENTAL LANGUAGE SUPPORT lalu klik OK dan APPLY. Kemudian sistem minta Anda memasukkan CD Windows XP. Anda klik OK –> klik BROWSE. Berdasarkan pengalaman saya, bahasa Arab unicode di Win XP jarang muncul.

Cara Setting Bahasa Arab Unicode di Windows 7

Untuk settingan win 7, Proses settingnya lebih mudah dan tidak membutuhkan DVD Windows 7  dibandingkan proses setting pada Windows XP  yang membutuhkan CD Windows XP Professional. Berikut ini cara menyenttingnya:

Klik START (terletak di pojok kiri bawah bergambar bendera)   ==> CONTROL PANEL ==> CLOCK, LANGUAGE and REGION ==> REGION and LANGUAGE ==>

(1)Keyboards And Languages ==pilih Change Keyboards dan centang tiga option dibawah.

(2)  Pilih ADMINISTRATIVE dan klik kotak yang bertuliskan CHANGE SYSTEM LOCALE  ==> Lalu cari bahasa ARABIC (SAUDI ARABIA) dan akhiri OK dan RESTART.

Alhamdulillah proses setting selesai lalu aktifkan kembali atau Upgrade Maktabah Syamilah Anda. Jika masih mendapati kesulitan, silahkan menulis komentar dibawah yang telah tersedia.

Agar lebih faham lagi saya sertakan gambar settingan hasil capturing berikut:

New Picture (2)

New Picture (2) - Copy

New Picture

Di era digital ini saya yakin banyak di antara siswa, santri, mahasiswa, guru, ustadz, ustadzah atau dosen yang sudah memiliki komputer pribadi atau laptop dan di antara mereka kemungkinan ada yang membutuhkan kitab Maktabah Syamilah tetapi tidak mengerti cara mendapatkannya atau gagal instalasi karena tidak mengerti bagaimana menseting bahasa Arab di Windows 7 terlebih dahulu. Harapannya tulisan ini semoga dapat membantu mereka mengatasi masalah tersebut, semoga bermanfaat. Amin.

12 pemikiran pada “Panduan Setting Bahasa Arab di Windows 7 dan 10 Untuk Maktabah Syamilah”

  1. tolong dicoba lagi dan ikuti langkah-langkah sebagaimana di atas, saya beberapa kali membantu teman yang kesulitan dengan cara di atas…

    tak lupa saya sampaikan terima kasih atas kunjungannya…

  2. Tombol search di aplikasi kok ga mau jalan ya min. Ini aku out of topic ya hahaha. Gapapa ya. Mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan