Pengalaman Perpanjangan SIM di Magelang 2022 - JUMAL AHMAD

Pengalaman Perpanjangan SIM di Magelang 2022

Perpanjangan SIM C di Magelang khususnya Kab. Magelang. Saat ini lumayan cepat. Butuh antri cukup lama ketika antri cek fisik dan tes psikologi. Kurang lebih diperlukan waktu 1 jam. Saya yang jauh dari kota Magelang (saya di Kaliangkrik), sengaja pergi urus SIM lebih pagi, apalagi hari Jumat, Polres Magelang buka sampai jam 11.00.

Perpanjangan SIM untuk warga Kabupaten Magelang bisa dilakukan di SATPAS POLRES Magelang yang beralamat di Jl. Letnan Tukiyat No. 07, Kota Mungkid. Lokasi Polres Magelang sebelah utara komplek Pemerintahan Kab. Magelang yang jalannya lebar dan cenderung sepi.

Langkah-langkah perpanjangan SIM biar adalah adalah siapkan:

  1. Foto copy KTP (2 lembar)
  2. Foto copy SIM (1 lembar)
  3. SIM lama.

Biar mudah foto copy di dekat domilisi Anda (saya fotocopy di Beseran). Saya masuk kota Magelang selanjutnya menuju arah jalan Magelang-Jogja ke kota Mungkid menuju alamat dokter praktek yang direkomendasikan untuk keur oleh POLRES Magelang yaitu dr. Mieta Rahayu yang terletak di sebelah selatan POLRES Magelang kira-kira 100 meter kiri jalan.

Saya langsung parkir, sama tukang parkir sempat ditawari diuruskan, namun saya sampaikan mau urus sendiri, makanya datang pagi-pagi.

Parkir keur dokter polres magelang - ahmadbinhanbal.com
Tempat parkir – sebelah kiri keur dokter sebelah kanan tempat tes psikologi

Saya masuk ke ruangan sebelah kiri dan ambil nomor antrian yang digantung di pintu, selanjutnya tunggu untuk dipanggil. Ketika dipanggil diminta sebutkan nama, pekerjaan, golongan darah dan sim jenis apa. Ketika saya serahkan sim, kata mbaknya sim saya habis bulan Juni, kalau buat sekarang maka mulai berlaku bukan bulan Juni tetapi tanggal kita perpanjang SIM. Biaya administrasi sebesar Rp. 60.000,-.

keur dokter polres magelang - ahmadbinhanbal.com
Tempat daftar eur dokter polres magelang – ahmadbinhanbal.com

Setelah dipanggil, masuk ke ruang dalam untuk dicek kesehatan. Tes kesehatan ini lebih tes ketajaman visus mata (penglihatan) dalam jarak tertentu. Tes pertama dengan melihat huruf-huruf tertentu di layar dan tes kedua melihat angka-angka yang bias.

Setelah beres selanjutnya silahkan ke sebelah selatan dari tempat Keur dokter untuk melakukan tes Psikologi dengan membayar biaya sebesar Rp.75.000,- (saat ini sudah naik 25 ribu, info di internet sebelumnya hanya Rp.50.000). Tes psikologi secara tertulis dengan mengerjakan 30 pertanyaan dengan pilihan jawaban ya dan tidak. Materi tes yang dinilai meliputi beberapa aspek yaitu kemampuan konsentrasi, pengendalian diri, kecermatan, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi dan ketahanan kerja.

Setelah selesai mengisi tes psikologi, Anda menyerahkan soal dan jawaban ke meja petugas kemudian Anda diminta menunggu di luar untuk dipanggil. Ketika nama Anda dipanggil, diberikan bukti telah lulus tes psikologi dan membayar biaya di atas. Selanjutnya ke kantor Polres Magelang ke gedung pelayanan SIM yang berada di belakang ujung utara.

gedung pelayanan sim polres magelang - ahmadbinhanbal.com
Gedung pelayanan SIM di bagian belakang

Kelengkapan yang perlu dibawa adalah fotocopy KTP, Keur dokter dan hasil tes psikologi. Serahkan ke loket 1 untuk mendapatkan formulir isian dan nomor antrian. Isilah formulir tersebut selanjutnya berikan ke loket perpanjangan SIM No 2 untuk dicek kelangkapan isian formulir dll dengan membayar biaya sebesar Rp. 75.000,-.

loket perpanjangan SIM polres magelang - ahmadbinhanbal.com
Loket perpanjangan, SIM C bayar Rp. 75.000

Setelah itu silahkan tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil dan masuk ke ruang tunggu foto. Setelah selesai di foto anda tunggu di tempat pengambilan SIM yang sudah jadi. Jika SIM sudah jadi, ada petugas yang menawarkan laminasi SIM dengan bayar Rp. 10.000,-.

Loket pengambilan SIM dan layanan Laminasi SIM polres Magelang - ahmadbinhanbal.com
Loket pengambilan SIM dan layanan Laminasi SIM

Demikian sharing proses perpanjangan SIM di Polres Mungkid, Magelang yang lumayan cepat, serta petugasnya  ramah, tapi sekarang ada beberapa kenaikan biaya.

Terkait dengan syarat pembuatan atau perpanjangan SIM harus sudah ada kartu BPJS, setahu saya di Kab. Magelang masih pada tahap sosialisasi, hal ini saya buktikan dengan standing banner di Polres yang menunjukkan arahan sosialisasi BPJS dan SIM, namun belum diberlakukan untuk saat ini.

Semoga sharing sederhana ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana kami.

Jumal Ahmad | ahmadbinhanbal.com

Link Terkait

Sharing pengurusan STNK dan Sidang Tilang di Jakarta

Tinggalkan komentar