Shalat Berjamaah Menambah Umur

Kita semua menginginkan umur panjang supaya bertambah kebaikannya. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Saw tatkala beliau ditanya: Siapakah orang yang paling baik itu? Beliau menjawab: “Yaitu orang yang panjang umurnya dan baik amalannya.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Kehidupan di dunia ini merupakan tempat untuk menambah dan memperbanyak amalan-amalan yang baik agar manusia senang setelah kematian serta rela dengan apa yang ia kerjakan.

Rasulullah Saw telah memberitahukan bahwa umur umatnya antara 60 – 70 tahun, tidak seperti umur umat sebelumnya. Akan tetapi Beliau Saw telah menunjukkan mereka kepada perbuatan maupun ucapan yang dapat mengumpulkan pahala yang banyak dengan amalan yang sedikit lagi mudah, yang dapat menggantikan manusia dari tahun-tahun yang berlalu kalau dibandingkan dengan umat-umat sebelumnya. Dan inilah yang dinamakan dengan “Al-A’maal Al-Mudha’afah” (amalan-amalan yang pahalanya berlipat ganda) yang tidak semua orang mengetahuinya.

Salah satu amalan yang bisa memanjangkan umur adalah Shalat berjamaah. Shalat berjamaah memiliki pahala yang besar dari shalat sendirian dengan perbandingan 27 derajat.

Nah, bagaimana perbandingan tersebut jika dihitung secara matematis? Sangat mencengangkan, dan pasti membuat tergerak untuk selalu shalat berjamaah.

Saya merekomendasikan pembaca menyimak video berikut untuk memebandingkan pahala shalat berjamaah dan shalat sendirian.

Oleh: Islamic Character Development

Tinggalkan komentar